Perumdam Tirta Arut Bangun IPA 30 Liter/Detik di Desa Bumi Harjo

MAN/BERITA SAMPIT - Bupati dan Wakil Bupati Kobar bersama Unsur Forkopimda didampingi Direktur Utama Perumdam Sapriansyah, saat naik ke bagian atas IPA.

PANGKALAN BUN – Perusahaan Umum Daerah Air Minum (Perumdam) Tirta Arut telah membangun Instalasi Pengolahan Air (IPA) kapasitas 30 liter/detik untuk SPAM IKK Kumai di Desa Bumi Harjo Kecamatan Kumai, Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar).

Pantauan beritasampit.co.id Selasa, 11 Januari 2022, Bupati Hj. Nurhidayah bersama Wakil Bupati Ahmadi Riansyah dan rombongan Unsur Forkopimda Kobar menghadiri acara syukuran yang dihadiri sejumlah Camat dan Kepala Desa serta undangan lainnya.

“Alhamdulillah dengan selesainya pembangunan IPA SPAM IKK Kumai, maka keluhan warga masyarakat Desa Bumi Harjo sudah terpenuhi dan air bersih pun sebentar lagi akan mengalir ke pemukiman warga masyarakat,“ kata Nurhidayah dikonfirmasi usai memberi sambutan.

Dengan kehadiran IPA SPAM Kumai, Nurhidayah menghimbau kepada semua pihak khususnya warga masyarakat Desa Bumi Harjo agar ikut bersama-sama menjaga dan memelihara bangunan ini dengan baik yang merupakan aset vital yang sangat bermanfaat untuk kepentingan masyarakat.

BACA JUGA:   Masyarakat Pangkalan Bun Antusias Sambut Piala Adipura ke-13

“Atas nama Pemerintah Kabupaten Kobar, juga kami mengucapkan terimakasih kepada Kementrian PUPR melalui Balai Wilayah Sungai Kalimantan II di Palangka Raya, yang telah ikut andil membangun berbagai sarana dan prasarana di bidang perairan, seperti pembangunan Dana Embung di Desa Marga Mulya Kecamatan Kolam,” ungkapnya.

Direktur Perumdam Tirta Arut Kabupaten Kobar Sapriansyah, saat dikonfirmasi mengatakan, kedepan pihaknya sangat optimis jumlah pelanggan/konsumen Perumdam Tirta Arut akan semakin bertambah. “Sampai sekarang jumlah konsumen pelanggan se-Kabupaten Kobar sudah mencapai 25.000 lebih,” kata Sapriansyah.

Terpisah Kepala Desa Bumi Harjo Sunardi, saat dikonfirmasi pihaknya sangat bangga atas dibangunnya Instalasi Pengolahan Air (IPA) Kapasitas 30 liter/detik di desanya.

“Dengan adanya instalasi pengolahan air ini, tentunya sangat menggembirakan bagai warga masyarakat kami, karena memang untuk mencari air bersih di desa kami cukup sulit, sekarang Alhamdullilah air bersih akan mudah diperoleh warga kami. Terimakasih Ibu Bupati,” ujar Kades Sunardi.

BACA JUGA:   Survei Indopol: Calon Bupati Kobar 2024 Rakhman Ebol Bersaing Ketat dengan Petahana

Menurut Dia, beberapa bulan yang lalu pembangunan IPA ini sudah selesai. Namun kondisi jalan masuk ke lokasi Instalasi sulit dilalui karena berlumpur, akhirnya berkat bantuan melalui konsorsium sejumlah perusahaan, jalan sekitar panjang 300 meter berhasil diurug, dan sekarang jalan ke lokasi IPA sudah bisa dilalui mobil.

Kepala BWS Kalimantan II Palangka Raya, Ferry Syahrizal, saat dikonfirmasi mengatakan, pembangunan Instalasi Pengolahan Air (IPA) Kapasitas 30 Liter/Detik untuk SPAM IKK Kumai di Desa Bumi Harjo, menghabiskan Anggaran dari APBN sekitar Rp 21 Milliar.

Pada acara syukuran, pantauan beritasampit.co.id pihak Perumdam Tirta Arut juga telah membagikan bingkisan kepada para kaum Ibu lansia dan anak yatim warga Desa Bumi Harjo, yang diserahkan oleh Bupati Hj.Nurhidayah dan Wakil Bupati Kobar Ahmadi Riansyah. (Man/beritasampit.co.id).