Sungai Barabai Meluap, Sejumlah Ruas Jalan di Hulu Sungai Tengah Terendam Banjir

Wilayah Kota Barabai yang mulai terendam banjir (ANTARA/M Taupik Rahman)

HULU SUNGAI TENGAH – Sejumlah ruas jalan di Kota Barabai, Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Kalimantan Selatan (Kalsel), mulai terendam banjir akibat Sungai Barabai meluap.

Salah seorang warga Barabai, Jamal, mengatakan, sejak Selasa pagi, terutama yang tinggal di bantaran sungai sudah diimbau pemerintah untuk siaga dan mengamankan barang-barang berharga ke tempat yang lebih tinggi.

“Kalau pagi tadi wilayah hulu di beberapa desa di Kecamatan Batu Benawa sudah terendam dan sekitar pukul 11.30 Wita luapan air sungai sudah sampai Kota Barabai. Jadi, sejak pagi tadi kami sudah beres-beres karena ditakutkan kondisi air semakin tinggi, tapi mudah-mudahan tidak parah serta tidak hujan lagi,” kata Jamal, dikutip dari Antara, Selasa 11 Januari 2022.

Plt. Camat Barabai M Ramadlan saat dikonfirmasi, menerangkan wilayah Kota Barabai yang mulai tergenang banjir adalah di Jalan Ulama, Jalan Kemasan, Jalan Tri Kesuma, Bulau, Padawangan, Kawasan Pasar 1, Pasar 2 dan Pasar Murakata.

Selain itu, banjir kiriman, menurut dia, juga sudah menggenangi Desa Benawa Tengah, Kelurahan Barabai Utara, Barabai Darat serta Desa Pajukungan.

“Ketinggian air bervariasi, dari 10 hingga 50 Cm,” kata Ramadlan.

Ia menyatakan bersama TNI-POLRI dan dinas terkait terus berkoordinasi dan memberikan imbauan kepada masyarakat agar terus waspada namun jangan panik.

“Kami juga terus siaga kalau-kalau debit air semakin meningkat dan akan memberitahukan kepada warga jika nantinya perlu dievakuasi ke tempat pengungsian,” katanya.

Banjir juga akan semakin meluas ke wilayah hilir seperti Desa Jaranih dan Masiraan Kecamatan.

Selain Kecamatan Barabai, sejak pagi tadi sejumlah Desa di wilayah Kecamatan Batu Benawa seperti Aluan dan sekitarnya serta Kecamatan Haruyan seperti Desa Haruyan sudah lebih duluan banjir dengan ketinggian air sekitar 10 hingga 30 Cm.

(Antara/BS65)