Tingkatkan Minat Baca, Dinas Perpustakaan Kalteng Akan Aktifkan Kembali Sejumlah Program

HARDI/BERITA SAMPIT - Pelaksana Tugas Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Kalteng, Luqman Al Hakim.

PALANGKA RAYA – Untuk meningkatkan dan menarik minat baca masyarakat tahun 2022 ini, Dinas Perpustakaan dan Arsip Kalimantan Tengah (Kalteng) akan melaksanakan kembali program yang dilaksanakan pada tahun sebelumnya.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Kalteng, Luqman Al Hakim menyampaikan, beberapa program untuk menarik minat baca rencananya akan mengaktifkan kembali perpustakaan keliling untuk ke daerah-daerah yang memerlukan bacaan masyarakat. Pinjam pakai buku akan dilaksanakan di beberapa lokasi, sehingga memudahkan daerah-daerah untuk menjangkau bacaan.

“Selanjutnya mengaktifkan pojok baca digital yang ada di Kantor Gubernur Kalteng, yang bisa kita gunakan untuk memancing anak-anak dan remaja untuk mengenalkan kepada mereka membaca dari awal,” lanjutnya saat diwawancara di ruang kerjanya Dinas Perpustakaan dan Arsip Kalteng, Selasa 11 Januari 2022.

Selain itu juga, Dinas Perpustakaan akan mengajak anak-anak sekolah untuk membaca dan menulis buku. Buku tersebut akan menjadi sebuah karya, bahkan gurunya juga bisa ikut menulis buku.

Sedangkan, terkait program transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial, akan ditingkatkan peran perpustakaan di daerah dan desa untuk bertransformasi menjadi sumber informasi dan ilmu pengetahuan khususnya dalam meningkatkan keterampilan masyarakat di desa. Karena hal ini perlu kolaborasi dan dukungan dari berbagai pihak.

“Selanjutnya terkait peningkatan peran perpustakaan sekolah, kita akan melakukan kolaborasi dengan Dinas Pendidikan Provinsi Kalteng untuk memfungsikan perpustakaan sekolah lebih optimal lagi. Selain itu meningkatkan peran perpustakaan sekolah dalam rangka memberikan informasi khususnya dalam mendukung siswa-siswanya di SMK dalam memperoleh peluang kerja,” pungkasnya. (Hardi/beritasampit.co.id).