Petani Diminta Buat Proposal Usulan Bantuan Pertanian

Anggota DPRD Seruyan Bejo Riyanto di Kuala Pembuang. (ANTARA/Publikasi DPRD Seruyan.)

KUALA PEMBUANG – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Seruyan, Bejo Riyanto,  meminta para petani di wilayah setempat, agar membuat proposal berkaitan dengan usulan pembangunan infrastruktur atau bantuan pertanian lain yang memang benar-benar diperlukan.

“Kalau ada jalan atau jembatan yang rusak atau belum dibangun, saya sarankan agar membuat usulan proposal dan diajukan kepada dinas terkait, dalam hal ini Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian,” kata Bejo, Rabu 12 Januari 2022.

Infrastruktur pertanian tersebut baik yang meliputi jembatan penyeberangan ataupun jalan usaha tani (JUT), sehingga dengan adanya usulan tersebut bisa menjadi dasar instansi terkait untuk melakukan pembangunannya.

BACA JUGA:   Dewan Minta Pemkab Perhatikan Pelayanan di Bidang Kesehatan dan Pendidikan

“Jadi, tidak ada salahnya untuk mengusulkan proposal kepada pemerintah daerah melalui dinas terkait. Misalnya memang sekiranya diperlukan ada jembatan silahkan diusulkan, begitu juga dengan JUT,” ungkapnya.

Politisi Partai Amanat Nasional ini mengakui masih banyak infrastruktur pertanian di Bumi Gawi Hantantiring ini yang memerlukan perhatian lebih dari Pemkab Seruyan. Hal ini penting dilakukan mengingat infrastruktur pertanian seperti jembatan dan JUT merupakan salah satu faktor pendukung utama agar sektor pertanian di wilayah setempat bisa maju.

“Infrastruktur itu penting untuk akses para petani, seperti mengangkut hasil panen dan lain sebagainya. Makanya saya sarankan kepada petani usulkan saja dulu, nanti proposalnya bisa diserahkan ke kami untuk kemudian kita sampaikan kepada dinas terkait,” jelasnya.

BACA JUGA:   Peran Orang Tua Dinilai Penting Dalam Percepatan Vaksinasi Anak

Ia pun berharap kepada pemerintah setempat agar bisa menyetujui apa yang menjadi usulan dari masyarakat karena hal tersebut untuk kepentingan masyarakat dan kesejahteraan bagi mereka.

“Usulan itu merupakan permintaan dari masyarakat dan kalau memang itu bermanfaat bagi mereka maka perlu kita realisasikan, sehingga para petani di Seruyan bisa sejahtera,” kata Bejo Riyanto.

(Antara/BS65)