Wagub Kalteng Dengarkan Pemandangan Umum Fraksi Terhadap 3 Raperda

IST/BERITA SAMPIT - Wakil Gubernur Kalteng Edy Pratowo saat menghadiri Rapat Paripurna (Rapur) Ke-2 Masa Persidangan I Tahun Sidang 2022 secara virtual

PALANGKA RAYA – Wakil Gubernur Kalimantan Tengah Edy Pratowo menghadiri Rapat Paripurna  Ke-2 Masa Persidangan I Tahun Sidang 2022 secara virtual dari Ruang Rapat di Lantai I Kantor Gubernur, Kamis 13 Januari 2022.

Dipimpin Wakil Ketua DPRD Provinsi Kalteng Jimmy Carter, Rapat Paripurana mengagendakan penyampaian pemandangan umum fraksi-fraksi pendukung DPRD Provinsi Kalteng terhadap 3 (tiga) Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Provinsi Kalteng.

Ketiga Raperda tersebut masing-masing membahas pengelolaan keuangan daerah, dana cadangan pemilihan kepala daerah tahun 2024, serta pembinaan Bahasa Indonesia dan pelestarian bahasa daerah di Provinsi Kalteng. Dimana pidato pengantar terhadap ketiga Raperda telah disampaikan Gubernur Kalteng Sugianto Sabran pada Rapat Paripurna Ke-12, pada hari Selasa 30 November 2021.

Dihadiri 25 anggota DPRD Provinsi Kalteng, masing-masing sebanyak 10 orang hadir secara langsung di ruang Rapat Paripurna dan sebanyak 15 orang hadir secara virtual, sebanyak 7 fraksi menyampaikan pemandangan umum terhadap 3 Raperda Provinsi Kalteng tersebut.

Ketujuh fraksi ini adalah Fraksi PDI Perjuangan, Fraksi Partai Golongan Karya, Fraksi Partai Demokrat, Fraksi Partai Nasdem, Fraksi Partai Gerindra, Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa, serta Fraksi Gabungan PAN, PKS, PPP, Perindodan Hanura (FGP4H).

Seluruh fraksi yang menyampaikan pemandangan umumnya hari ini menyatakan dapat menerima ketiga Raperda Provinsi Kalteng tersebut untuk dibahas lebih lanjut sesuai dengan tahapan, waktu, dan mekanisme pembahasan selanjutnya di DPRD Provinsi Kalteng.

“Berkenaan dengan pertanyaan dan saran sebagaimana yang telah disampaikan oleh fraksi-fraksi pendukung Dewan tadi, maka untuk itu mengharapkan jawaban, tanggapan, dan penjelasan dari pihak Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah, dalam hal ini Gubernur Kalimantan Tengah pada Rapat Paripurna selanjutnya,” kata Wakil Ketua DPRD Kalteng Jimmy Carter.

(Hardi/beritsampit.co.id)