Gempa Banten Terasa di Jakarta, BPBD DKI Imbau Masyarakat Tetap Tenang

Pegawai di Balai Kota Jakarta berkumpul di halaman depan gedung kantor gubernur DKI Jakarta, Jumat 14 Januari 2022 setelah terjadi gempa bumi di Pandeglang, Banten, dan getaranya terada di DKI Jakarta. (ANTARA/Dewa Ketut Sudiarta Wiguna)

JAKARTA – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta mengimbau masyarakat tetap tenang terkait gempa bumi yang mengguncang Banten dan terasa di Ibu Kota pada Jumat 14 Januari 2022 sore.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Pelaksana BPBD DKI Jakarta, Sabdo Kurnianto menjelaskan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) terkait kekhawatiran kemungkinan ada gempa susulan.

“Upaya BPBD telah melakukan koordinasi dengan BMKG terkait dikhawatirkan ada gempa susulan,” kata Sabdo saat dikonfirmasi di Jakarta, Jumat 14 Januari 2022.

BACA JUGA:   IRT Diduga Tenggelam di Sungai Mentaya saat Mencuci Pakaian

Berdasarkan info resmi dari akun twitter BMKG @infoBMKG, gempa bermagnitudo 6,7 terjadi di 52 kilometer (km) barat daya Sumur, Banten pada pukul 16.05 WIB.

Kemudian, gempa susulan terjadi dengan kekuatan magnitudo 5,7 pada pukul 16.49 WIB yang berpusat di 54 km barat daya Sumur, Banten.

BPBD DKI Jakarta terus melakukan edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat serta meminta untuk tetap tenang, tidak panik dan tidak terpengaruh akan berita palsu (hoaks) yang tidak dapat dipertanggungjawabkan.

BACA JUGA:   Ancaman Pembunuhan dan Perampasan di Desa Kenyala Hanya Salah Paham

“Masyarakat juga menghindari bangunan yang retak atau rusak mengantisipasi terjadinya gempa susulan,” kata dia.

Ia menambahkan, masyarakat perlu memastikan apakah bangunan tempat tinggalnya terdapat kerusakan atau keretakan sehingga aman dari gempa.

(Antara)

(Visited 1 times, 1 visits today)