Lapangan Kerja Penduduk Lokal Perlu Diperhatikan

Anggota DPRD Kotim Sutik

SAMPIT – Masalah lapangan pekerjaan juga menjadi sorotan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kotawaringin Timur, ditengah pemulihan ekonomi masa Pandemi Covid-19 ini.

Dewan meminta Pemerintah Kabupaten Kotim lebih fokus dalam memperhatikan ketersediaan lapangan kerja bagi masyarakat, khususnya penduduk lokal.

Apa lagi, Kotim merupakan wilayah yang menjadi tempat strategis oleh investor menanam investasi mereka, baik di bidang perkebunan, pertambangan, perdagangan hingga perhotelan.

Pembangunan Kotim cukup pesat, bisa dilihat dari hasil pembangunan baik itu infrastruktur, pendidikan, kesehatan serta perekonomiannya sedikit demi sedikit dapat dinikmati masyarakat.

“Terpenting menurut saya, bagaimana Pemda membuka peluang lebih besar lapangan kerja luas bagi masyarakatnya dengan memanfaatkan para investor yang berinvestasi di daerah ini” kata Anggota DPRD Kotim Sutik, Jumat 14 Januari 2022.

Pesatnya perkembangan Perusahaan Besar Perkebunan Kelapa Sawit, menurutnya merupakan pelung besar dalam memberdayakan masyarakat, terutama yang berada di wilayah sekitar dimana Perusahaan tersebut berinvestasi.

Selain itu Pemda juga diminta tidak lupa memperhatikan perkebunan milik masyarakat, yang juga memiliki andil besar membantu kemajuan perekonomian daerah ini.

“Tidak hanya PBS saja yang di perhatikan, namun perkebunan milik masyarakat juga harus menjadi perhatian kedepannya,” ujarnya.

Legislator dari Partai Gerindra tersebut menambahkan, Kotim memiliki modal yang sangat penting untuk membangun dan mengembangkan daerah, salah satunya memiliki potensi mendukung lahan.

Dengan memanfaatkan lahan yang ada sesuai dengan penggunaannya untuk masyarakat, tentunya akan sangat membantu masyarakat meningkatkan perekonomian mereka.

“Modal utama Kotim adalah lahan, agar penggunaan lahan bisa memberikan keuntungan bagi masyarakat, pastinya memanfaatkan lahan untuk kepentingan hidup masyarakat harus didukung penuh oleh Pemerintah,” pungkasnya. (Cha/beritasampit.co.id).