Laporan Capaian Vaksinasi Di Katingan Terkendala Pengimputan Data

IST/BERITASAMPIT - Bupati Katingan Sakariyas, didampingi Kepala BPBD Katingan Roby, memimpin kegiatan laporan Sikronisasi Data Secara Online (PCare) Vaksinasi Covid-19 se-Kabupaten Katingan di Aula BPKAD Katingan.

KASONGAN – Bupati Katingan Sakariyas, menegaskan agar data pencapaian vaksinasi  di Kabupaten Katingan dapat segera mencapai target yang diinginkan dengan mengundang tenaga vaksinator dari Puskemas seluruh Kabupaten Katingan dan tenaga operator dari beberapa OPD terkait.

“Data vaksinasi yang tidak masuk aplikasi dapat segera terinput dengan baik dan benar. Sehingga Kabupaten Katingan kemudian akan segera melaksanakan vaksin bagi anak usia 6-11 tahun,” tegas Bupati Sakariyas, didampingi Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Katingan Roby, memimpin kegiatan laporan Sikronisasi Data Secara Online (PCare) Vaksinasi Covid-19 se-Kabupaten Katingan di Aula BPKAD Katingan, pada Kamis Januari 2022.

Sementara, dari laporan Kepala BPBD Katingan, Roby, mengatakan dari hasil vaksinasi di Kabupaten Katingan menurut  sistem rekapitulasi secara online pada vaksin dosis 1 baru mencapai angka 70%, tetapi menurut laporan dari seluruh Puskemas pihaknya sudah melakukan vaksinasi mencapai 73%.

” Ini dikarenakan beberapa masalah dalam penginputan data di lapangan yang diakibatkan kendala jaringan/sinyal pada saat pengiriman data ke sistem. Disamping kendala itu, juga kurangnya tenaga yang melakukan penginputan di tingkat Kecamatan dan Desa-desa,” jelas Roby.

Selain itu kendala lainnya banyak yang menerima vaksinasi yang membawa identitas yang tidak valid. Sehingga secara angka Kabupaten Katingan sangat dirugikan dalam pencapaian angka vaksinasi dikarenakan angka ini tidak masuk dalam sistem pengingputan data.

Kegiatan laporan  Sikronisasi Data Secara Online (PCare) Vaksinasi Covid-19 se-Kabupaten Katingan di Aula BPKAD Katingan tersebut turut hadir selain dari Puskesmas, ada beberapa OPD yang ikut membantu tenaga operator di antaranya Dinas Kesehatan, Diskominfo, Disdukcapil, Dinas Sosial, Satpol PP dan tenaga operator dari Polres Katingan.

(Annas/beritasampit.co.id)