Penajam Tunggu SK Pengganti Bupati Abdul Gafur Mas’ud

Kantor Bupati Penajam Paser Utara (ANTARA/Novi Abdi-Bagus Purwa)

PENAJAM – Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur (Kaltim), menunggu surat keputusan pelaksana tugas (SK Plt) pengganti Bupati Abdul Gafur Mas’ud yang sedang tersangkut kasus hukum di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Secara aturan,  apabila kepala daerah berhalangan maka kekosongan jabatan akan ditangani oleh wakil kepala daerah.

Wakil Bupati Penajam Paser Utara, Hamdam Pongrewa, mengatakan, terkait  status Plt dan lainnya, kami menunggu arahan dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dan gubernur.

“Peralihan kewenangan itu harus ada legalitasnya berupa SK Plt dari pemerintah pusat melalui pemerintah provinsi,” kata Hamdam Pongrewa, dikutip dari Antara, Sabtu 15 Januari 2022.

Namun SK pengangkatan Plt menggantikan Bupati Penajam Paser Utara Abdul Gafur Mas’ud yang telah ditetapkan tersangka oleh KPK tersebut belum diterbitkan.

Bagian Hukum dan Bagian Pemerintahan menurut Hamdam Pongrewa, telah berkoordinasi dengan Pemprov Kaltim tentang penerbitan SK Plt pengganti bupati itu.

Diharapkan SK Plt pengganti bupati cepat diterbitkan, sebab banyak kegiatan yang menyangkut administrasi dan kebijakan pemerintahan yang harus diselesaikan, salah satunya mengisi kekosongan jabatan aparatur sipil negara (ASN) pemerintah kabupaten yang ikut ditetapkan sebagai tersangka dalam OTT KPK.

Ketiga ASN tersebut yakni, Plt Sekretaris Daerah Muliadi, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Edi Hasmoro, serta Kepala Bidang Sapras Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Jusman.

Status Plt diatur dalam Undang-undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah, yang menyebutkan apabila kepala daerah tengah mengalami proses hukum maka jabatan bupati dijalankan wakil bupati.

Surat keputusan Plt pengganti bupati tersebut ditetapkan dengan surat keputusan yang ditandatangani langsung oleh Menteri Dalam Negeri ditembuskan kepada Gubernur Kalimantan Timur.

(Antara/BS65)