Harga Ikan Kakap Melonjak Naik, Para Pemancing Mania Serbu Muara Laut Kumai

IST/BERITA SAMPIT - Wandi tampak saat umpannya disambar ikan Kakap dan foto ikan tangkapan hasil mancing mania di lokasi muara laut Kumai.

PANGKALAN BUN – Warga Kota Pangkalan Bun Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) ternyata banyak yang doyan ikan Kakap. Buktinya salah satu jenis ikan laut ini banyak diserbu warga, hingga harganya semakin melonjak naik.

Dengan semakin naiknya harga ikan laut, pantauan awak media beritasampit.co.id, kini para pemancing mania menyerbu muara laut dengan sejumlah kapal kelotok di perairan laut Kumai.

“Kalau dapat ikan Kakapnya hanya satu dua ekor dan kecil sekitar setengah dan sekiloan, buat makan keluarga. Tapi kalau dapat ikan kakap banyak dan besar-besar di atas 2 kilo baru dijual,” kata Wandi warga Kampung Baru salah satu anggota Mancing Mania di Pangkalan Bun, saat dikonfirmasi, Senin 17 Januari 2022.

Wandi yang juga salah seorang usahawan perbengkelan mesin mobil dan mesin lainnya ini mengatakan, bahwa ikan laut jenis Kakap, apalagi Kakap Merah banyak disukai orang, karena daging ikan Kakap saat masih segar kalau di masak sangat gurih dan tidak banyak duri kecilnya.

“Kalau lagi musim ikan Kakap, saya berikut teman-teman dapat hasil pancingan cukup lumayan. Tapi kalau lagi engga musim, yang sangkut apa adanya bisa Tenggiri atau ikan lainnya,” ungkap Wandi.

Sejumlah lokasi ikan Kakap yang sering diserbu para pemancing mania, antara lain muara laut Sungai Sabang, muara Pangkalan Bun dan Laut Jorong.

“Lokasi tempat ikan Kakap mencari makan sukanya sekitar muara sungai, apalagi di waktu air laut rob, ikan Kakap banyak menjarah makanan ke sungai-sungai. Kalau mancing ikan Tenggiri lokasinya di sekitar perairan laut Paluh Selatan,” ujar Wandi.

Sementara itu, sejumlah pedagang ikan laut yang kini bermunculan buka lapak di pinggir jalan raya di Pangkalan Bun, juga mempengaruhi naiknya harga ikan Kakap.

“Dulu harga ikan Kakap di pasar tradisional sekitar Rp 60.000/kg, sekarang karena banyak pedagang ikan di luar pasar, harganya naik menjadi sekitar Rp 75.000 bahkan lebih. Naik karena di pasar, stok ikan Kakap habis dipesan oleh para pedagang diluar pasar,” kata Suzali salah seorang pemilik rumah makan.

Para pedagang ikan di Pasar Ikan Kumai, kalau sore hari sekitar Pukul 15.30 WIB para nelayan baru datang ke pasar. Saat dipantau Sabtu 17 Januari 2022, ikan Kakap sudah banyak dipesan oleh para pedagang di Kota Pangkalan Bun.

“Waduh maaf Pak, ikan Kakap yang itu sudah dipesan oleh beberapa pedagang di Pangkalan Bun,” jawab pedagang.

Terpisah sejumlah pedagang di pinggir jalan, saat dikonfirmasi mengakui ikan Kakap kini banyak dicari pembeli. Karena pembelinya selain perorangan juga dicari oleh para pemilik rumah makan.

“Alhamdulilah Pak, dimasa pandemi Covid-19 ini jenis ikan Kakap sangat laku, karena rasanya gurih apalagi kalau dimasak asam manis campur nanas dan saos tiram, kemudian ikan Kakapnya jangan digoreng dulu langsung direbus dengan bumbu, nanti bumbunya lekat dengan daging ikan Kakap. Maknyus pak,” kata Ibu Yuliantini, yang hobi masak dan suaminya sangat doyan masakan ikan Kakap asam manis. (Man/beritasampit.co.id).