Damang Harus Bisa Ciptakan Suasana Kondusif

LULUS/BERITA SAMPIT- Ketua Komisi II DPRD Murung Raya, Heriyus, SE.

PURUK CAHU – Ketua Komisi II DPRD Murung Raya (Mura) Heriyus menyebutkan, Damang memiliki peran yang sangat penting dalam setiap penyelesaian masalah yang terkait dengan masalah-masalah sengketa Adat.

“Hal ini diaplikasikan melalui penyelesaian setiap perkara yang selalu difasilitasi oleh para Tokoh atau Pemuka Adat dan Lembaga Adat untuk mencapai kata mufakat melalui musyawarah dilakukan secara kekeluargaan,” jelasnya, Selasa 18 Januari 2022.

Selain itu, kata Heriyus, dalam pentingnya penerapan hukum adat, setiap kepala adat diharapkan agar terus menggali dan menambah wawasan serta berkembang secara aktif tentang bagaimana posisi hukum adat dan mendukung terselenggaranya peraturan perundang-undangan nasional.

BACA JUGA:   Dewan Minta Proyek Multiyears Selesai Tepat Waktu

“Dengan mengupayakan peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia yang kritis, kreatif dan inovatif serta saling menghargai, rukun dan bersatu terhadap seluruh komponen dalam hal perbedaan agama, suku, partai politik, profesi, status sosial dan ekonomi,” jelas Politisi PDIP ini.

Dia menegaskan, tugas terpenting bagi Damang harus mampu menciptakan suasana kondusif agar terpeliharanya kebhinekaan adat dalam rangka persatuan dan kesatuan bangsa serta terus berupaya mengatasi segala hambatan dengan mencari solusi terbaik demi keberhasilan pelaksanaan tugas.

BACA JUGA:   10 Desa Mendapat Aliran Listrik Dari PLN

“Penting untuk kita cermati bersama, mengingat bahwa dalam penyelesaian konflik permasalahan adat yang terjadi, selain di dasari atas hukum adat yang berlaku yang selama ini telah dijadikan sebagai dasar pemberlakuan hukum adat yang bersikap adil, netral, arif dan bijaksana dari para tokoh atau pemuka adat,” pungkasnya. (Lulus/beritasampit.co.id).

(Visited 4 times, 1 visits today)