Stok Darah Golongan A Menipis, PMI Kotim Undang Pendonor untuk Berpartisipasi

ILHAM/BERITA SAMPIT -  Aktivitas Kepala UUD PMI Kotim, dr Yuendri Irawanto, bersama sejumlah petugasnya sedang memeriksa kantong darah yang siap di distribusikan. Selasa 18 Januari 2022.

SAMPIT – Unit Donor Darah (UDD) Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), mengajak masyarakat berpartisipasi untuk mendonorkan darahnya, mengingat kebutuhannya cukup tinggi, khususnya jenis golongan A yang saat ini stoknya menipis.

Kepala UDD PMI Kotim dr. Yuendri Irawanto mengungkapkan, Persediaan Darah (WB+PRC) di UDD saat ini sebanyak 208 kantong yang terdiri dari Golongan A 22, B 91, O 76 dan AB 21 kantong.

“Kalau yang golongan A sebanyak 22 kantor semua milik pasien, maksudnya darah dari keluarga pasien yang mendonorkan darahnya,” kata Yuendri, saat dikonfirmasi media ini, Selasa 18 Januari 2022.

BACA JUGA:   Wabup dan Sekda Disebut Bupati Bakal Penuhi Undangan DPRD Kotim Hari Ini

“Pagi tadi kita baru dapat sebanyak 12 kantong darah golongan A, namun jika sehari rata-rata PMI mengeluarkan kebutuhan darah untuk masyarakat sekitar 35 sampai 40 kantong. Dengan tingginya kebutuhan darah ini, pastinya kita membutuhkan tambahan lagi, biar stok darah disini selalu tersedia dan tidak sampai habis,”sambungnya

Untuk memaksimalkan ketersediaan Darah di PMI, dirinya telah melayangkan ajakan kepada berbagai lembaga, baik pemerintah maupun swasta, organisas dan berbagai komunitas untuk berpartisipasi menyumbangkan darahnya dengan datang ke UDD PMI Kotim.

BACA JUGA:   Dua Desa di Cempaga Hulu Kotim Belum Teraliri Listrik

“Kita tidak ingin sampai kehabisan stok, prinsipnya pihak yang membutuhkan darah tidak perlu datang ke PMI, cukup nunggu di rumah sakit, kita yang antar,” paparnya.

“Kita tidak ingin keluarga maupun pasien kalang kabut mencari darah kesana kemari. Makanya dengan stok yang aman dan cukup, maka ketika dibutuhkan darah sesuai jenis yang diperlukan sudah tersedia untuk disalurkan,”pungkasnya.

(Cha/beritasampit.co.id)