Tips Cara Memilih Popok Yang Tepat untuk Anak

Ilustrasi popok bayi (ANTARA/Pexels/Karolina Grabowska)

JAKARTA – Memilih popok yang tepat merupakan persoalan yang sering dialami orangtua khususnya bagi ibu baru, terutama dengan adanya kekhawatiran terhadap permasalahan kulit seperti diaper rash (ruam popok).

Berdasarkan hasil riset, 7-35 persen dari anak-anak di bawah usia tiga tahun mengalami ruam popok lantaran popok yang terlalu ketat, lembap, terkena urine atau feses, atau tidak cocok dengan material yang digunakan.

Oleh karena itu, sangat wajar jika orangtua bersikap selektif terhadap merek dan tipe popok yang digunakan.

Berikut ini adalah lima tips untuk membantu orangtua dalam memilih popok yang tepat sehingga kesehatan dan kenyamanan buah hati terjaga, dikutip dari siaran resmi Makuku, Selasa.

Pilih ukuran popok yang tepat

Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih ukuran popok adalah lingkar pinggang, cakupan bokong, karet pinggang, dan pedoman ukuran yang biasanya dimiliki merek diapers.

Selain memastikan ukuran popok yang dipakai cocok dengan tubuh bayi, orangtua juga perlu memperhatikan kondisi anak ketika memakai popok.

Bila terlalu kencang maka dapat menimbulkan rasa panas, iritasi, dan ruam. Namun jika terlalu longgar maka akan menyebabkan kebocoran terutama ketika anak beraktivitas.

Kenali jenis kulit bayi

Sebelum memilih merek popok, orangtua perlu mengenal jenis kulit si kecil. Apabila anak memiliki kulit normal maka merek popok apapun akan cocok baginya.

Akan tetapi, jika anak memiliki kulit sensitif, maka orangtua perlu ekstra hati-hati. Sebab jika terdapat bahan yang tidak cocok, ini dapat menimbulkan ruam popok yang tentunya sangat tidak nyaman bagi si kecil.

Kenali fitur yang dimiliki popok

Popok dengan sirkulasi udara yang baik merupakan hal yang penting karena tidak mudah lembab dan mencegah iritasi. Selain itu, orangtua juga perlu memilih popok yang mampu mencegah osmosis balik, yaitu keadaan di mana air yang telah diserap naik kembali ke permukaan.

Ketahui daya serap popok

Seberapa banyak cairan yang mampu ditampung oleh popok sangatlah penting. Popok dengan daya serap tinggi sangat disarankan karena dapat mendukung kenyamanan anak, terutama ketika bergerak.

Selain volume yang mampu ditampung, daya serap yang cepat dan merata juga merupakan hal yang penting untuk dipertimbangkan dalam pemilihan popok.

Pilih popok dengan struktur inti SAP

Super Absorbent Polymers (SAP) merupakan bahan yang akan tetap utuh dan tidak mudah menggumpal, walaupun telah menyerap banyak cairan.

Popok yang dapat menyerap cairan dengan cepat dan rata, akan membuat permukaan popok tetap kering sehingga anak-anak dapat beraktivitas dengan baik, bahkan bisa tidur dengan nyaman di malam hari, tanpa harus terbangun karena popok yang basah.

(Antara)