Kadang Terbakar Hingga 200 Ekor Ayam Hangus Tanpa Sisa

IST/BERITA SAMPIT - Tampak petugas Damkar dalam gelap gulita berupaya memadamkan api di sekitar lokasi ternak ayam yang terbakar.

PANGKALAN BUN – Kandang ayam di Jalan Paleleng RT 02 Desa Batu Belaman, Kecamatan Kumai Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), terbakar. Hingga sekitar 200 ekor anak ayam juga hangus terbakar.

“Kejadiannya, pada Selasa malam 18 Januari sekitar Pukul 23.00 WIB, dan memang benar saat api membara asapnya dari jarak dekat bau wangi daging ayam yang dibakar,” kata warga Desa Batu Belaman, yang hiruk pikuk membantu memadamkan api.

Namun karena upaya warga setempat memadamkan api kurang memadai, akhirnya datang bantuan Damkar Pemkab Kobar. Beberapa saat kemudian api di sekitar lokasi lapak kandang ayam padam.

BACA JUGA:   Pos Polisi di Pejompongan Dibakar Massa

Kasatpol Pop PP dan Damkar Kabupaten Kobar Majerum Purni melalui Kabid Damkar Dwi Agus Suhartono, saat dikonfirmasi membenarkan salah satu lokasi peternakan ayam di Desa Bartu Belaman terbakar.

“Setelah mendapat laporan dari masyarakat melalui panggilan (video call) ke Mako Damkar, kami bersama personel lainnya langsung memburu TKP sekitar Pukul 23.58 WIB,” kata Dwi Agus Suhartono.

Menurut Dwi Agus Suihartono, informasi dari pemilik ternak ayam yang kandangnya terbakar, jumlah anak ayam sekitar 2600 ekor, dan sebanyak 200 ekor hangus terbakar.

BACA JUGA:   500 Ton Beras dan 100 Ribu Liter Minyak Goreng, Zakat Harta Keluarga Besar H. Abdul Rasyid AS Dibagikan Ke Masyarakat Kalteng

“Asal api secara pasti belum diketahui, namun diduga api berasal dari api yang dipasang di tempat pemanas, untuk menghangatkan ruangan anak-anak ayam, dan kerugian ditaksir sekitar puluhan juta rupiah serta atas kejadian tersebut tidak ada koban jiwa,“ kata Dwi.

Ditambahkan Dwi, pihak Damkar Pemkab Kobar setiap selesai memadamkan api di setiap kejadian, selalu mengimbau kepada masyarakat agar hati-hati jangan sampai lengah menjaga kompor minyak, gas atau jaringan listrik di dalam rumah. (Man/beritasampit.co.id).