Kapolda Kalteng Instruksikan Jajaran Antisipasi Karhutla dan Bencana Alam

Kapolda Kalteng Irjen Pol Nanang Avianto mengecek personel dan sarpras untuk menghadapi karhutla dan bencana alam di provinsi setempat, Selasa 18 Januari 2022. ANTARA/Adi Wibowo

PALANGKA RAYA – Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Kalimantan Tengah (Kalteng) Irjen Pol Nanang Avianto menginstruksikan jajarannya untuk mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) serta bencana alam yang mengancam sejumlah wilayah setempat.

Belajar dari pengalaman sebelumnya, kata Kapolda, meskipun di Kalteng sering dilanda hujan, pihaknya tetap mewaspada dengan adanya karhutla serta bencana alam lainnya seperti banjir.

Jenderal berpangkat bintang dua itu juga menekankan agar semua sarana dan prasarana berfungsi dengan baik saat digunakan dan meminta kepada para operator atau personel yang mengendalikan peralatan penanggulangan bencana, wajib melakukan pelatihan kembali.

“Hal ini agar menambah kemahiran mereka, sehingga ketika terjadi bencana alam atau karhutla semua personel dan sarana prasarananya sudah siap,” kata Nanang Avianto dikutip dari Antara, Rabu 19 Januari 2022..

BACA JUGA:   KI sebut Layanan Informasi Badan Publik Kalteng Semakin Membaik

Orang nomor satu di jajaran Polda Kalteng itu menegaskan para personel jangan sampai terlena karena dalam dua tahun ini bencana karhutla tidak melanda Provinsi Kalteng.

Meskipun bencana karhutla tidak ada, ia tetap menekankan kepada personelnya di setiap jajaran selalu siap siaga serta merawat sarana dan prasarana yang saat ini berfungsi dengan baik.

“Maka dari itu, pelatihan-pelatihan simulasi akan kita gelar, sehingga semua peralatan bisa berfungsi dengan baik dan personel piawai dalam mengoperasikan alat yang selama ini menjadi tanggung jawabnya,” jelas dia.

BACA JUGA:   Ketua PWM Kalteng Khotib Sholat Ied di Lapangan Samsat Banjarmasin

Ditambahkan Kapolda apa yang dipersiapkan Polda Kalteng juga dibantu oleh pemerintah daerah melalui sejumlah pemangku kepentingan seperti Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Dinas Kesehatan Kalteng serta instansi lainnya.

Upaya juga didukung oleh pemerintah daerah di provinsi setempat dan personel dari Korem 102 Panju Panjung dan jajarannya di setiap wilayah.

“Saya juga selalu tekankan saat menangani bencana alam serta karhutla para personel harus disiplin. Karena, apa yang dilakukan tidak akan berhasil ketika tidak dilakukan dengan disiplin, sama seperti persoalan COVID-19 harus disiplin terhadap protokol kesehatan,” kata Kapolda.

(Antara/BS65)