Listrik Dapat Menunjang Ekonomi Masyarakat

LULUS/BERITA SAMPIT - Anggota DPRD Murung Raya Dapil I, Rabul Yakin, Amd. Kep.

PURUK CAHU – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Murung Raya (Mura) mendukung penuh percepatan perluasan jaringan listrik oleh PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) untuk melayani kelistrikan hingga ke desa-desa di kawasan pelosok.

“Saya sangat mendukung dan memberikan apresiasi terhadap langkah dan kinerja program Unit Layanan Pelanggan (ULP) PLN Puruk Cahu dalam menyebar luaskan jaringan listrik ke setiap wilayah,” kata Anggota DPRD Mura, Rabul Yakin, Rabu 19 Januari 2022.

Menurut Rabul, pasokan listrik sangat dibutuhkan masyarakat termasuk di kawasan pelosok. Ketersediaan listrik akan dapat menunjang kegiatan ekonomi masyarakat, pendidikan bahkan pelayanan Pemerintah.

Saat reses ke daerah pemilihan I yang meliput Kecamatan Murung, Tanah Siang Selatan dan Sungai Babuat ini banyak menerima aspirasi masyarakat terkait harapan layanan listrik dari PLN untuk menunjang aktivitas masyarakat.

BACA JUGA:   Doni Siap Bertarung di Pilkada Murung Raya 

“Saat ini masih banyak desa yang belum terjangkau jaringan listrik PLN sehingga warga mengandalkan listrik bertenaga surya, diesel bahkan lampu minyak. Masyarakat hanya bisa pasrah karena usulan mereka belum juga dikabulkan,” jelasnya.

Sementara itu PLN terus berupaya memperluas jangkauan layanan kelistrikan, bahkan ada desa yang segera dijangkau agar warganya bisa menikmati layanan listriknya. Namun, masih banyak desa yang belum terjangkau jaringan listrik.

Ada beberapa kendala yang masih dihadapi PLN untuk memperluas jangkauan layanan. Selain luas dan rumitnya geografis, PLN juga terkendala akses sehingga jaringan listrik sulit menjangkau hingga ke desa.

BACA JUGA:   Doni Siap Bertarung di Pilkada Murung Raya 

Politisi PPP ini juga mengajak Pemerintah Daerah untuk sama-sama membantu PLN agar bisa lebih mudah melaksanakan perluasan jaringan listrik.

“Ini harus menjadi perhatian kita bersama. Kita dorong sama-sama, apalagi PLN juga merespons positif. Kalau ada kendala, kita harus bantu PLN mencari solusinya agar harapan ini bisa terwujud,” harap Rabul.

Rabul juga akan terus mendorong agar perluasan jaringan listrik PLN bisa segera terwujud. Dia optimistis terbukanya keterisolasian kelistrikan juga akan terpengaruh besar terhadap perekonomian dan kesejahteraan masyarakat. (Lulus/beritasampit.co.id).