Pemkab Gunung Mas Benahi Kawasan Wisata Air Terjun Batu Mahasur

Bupati Gunung Mas Jaya S Monong dan istri Mimie Mariatie mengisi akhir pekan dengan mengunjungi air terjun Batu Mahasur di Kuala Kurun, Kecamatan Kurun, awal Januari 2022. ANTARA/Dokumentasi pribadi

KUALA KURUN – Pemerintah Kabupaten Gunung Mas, melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata kabupaten setempat terus berupaya melakukan pembenahan terhadap objek wisata air terjun Batu Mahasur.

Kepala Disbudpar Gunung Mas, Eigh Manto, mengatakan, pihaknya sudah menyusun masterplan dan detail engineering design (DED) air terjun Batu Mahasur yang selanjutnya pemerintah daerah akan berusaha agar DED dapat terlaksan

Menurut dia, pada 2021 lalu Disbudpar Gunung Mas sudah melakukan sejumlah pembenahan di air terjun Batu Mahasur, di antaranya pembangunan rumah jaga dan pemasangan closed circuit television (CCTV).

Pembangunan rumah jaga dan pemasangan CCTV bertujuan untuk mengawasi aktivitas para pengunjung air terjun Batu Mahasur. Keberadaan rumah jaga dan CCTV diharap dapat mencegah adanya aktivitas negatif di sana.

BACA JUGA:   Bupati Gunung Mas Targetkan 27.741 Anak di Imunisasi

Selain itu, tutur dia, rencananya Disbudpar juga akan menambah sejumlah sarana pendukung seperti wc umum di bagian atas karena saat ini sarana tersebut hanya berada di bagian bawah.

Kemudian, pihaknya juga telah menyurati Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik kabupaten setempat agar memfasilitasi pemasangan jaringan wifi di objek wisata air terjun Batu Mahasur.

“Kalau jaringan wifi sudah masuk tentunya pengunjung lebih nyaman. Pengunjung bisa berswafoto dan langsung diunggah ke akun media sosial mereka, sehingga promosi menjadi lebih masif,” papar Kepala Disbudpar Gunung Mas, dikutip dari Antara, Rabu 19 janari 2021.

Lebih lanjut, bagi masyarakat yang berkunjung ke wisata air terjun Batu Mahasur dikenakan tarif beragam. Pada hari libur, orang dewasa dikenakan tarif Rp5.000 dan anak-anak Rp2.000, sedangkan hari biasa orang dewasa dikenakan tarif Rp3.000 dan anak-anak Rp1.000.

BACA JUGA:   Pemilu 2024 NasDem Targetkan Enam Kursi DPRD Gunung Mas

Sebelumnya, Bupati Gunung Mas Jaya S Monong mengatakan kabupaten setempat memiliki banyak objek wisata alam yang sangat menarik untuk dikunjungi, salah satunya adalah air terjun Batu Mahasur.

Selain itu, air terjun Batu Mahasur juga menjadi pilihan utama wisata keluarga yang ramah lingkungan. Terlebih di sekeliling lokasi air terjun terdapat pepohonan tinggi, sehingga menciptakan suasana yang teduh dan asri.

“Ke depannya air terjun Batu Mahasur juga bisa dijadikan objek wisata asri yang sangat unik, yang artinya tempat wisata alam yang berada di daerah perbukitan, tebing tinggi, dan hamparan sungai,” kata Bupati Gunung Mas.

(Antara/BS65)