KPP Palangka Raya Lakukan Seleksi Tenaga Pendukung Penyelamat

Peserta sedang mengikuti tes kesehatan dalam seleksi tenaga pendukung rescuer KPP di Palangka Raya, Kamis, (20/1/2022). (ANTARA/M Arif Hidayat)

PALANGKA RAYA – Kantor Pencarian dan Pertolongan (KPP) atau disebut Basarnas Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, menambah tenaga pendukung ‘rescuer’ atau penyelamat untuk memenuhi kebutuhan di lapangan.

Kepala KPP Muhamad Hariyadi mengatakan, saat ini pihaknya sedang melakukan seleksi untuk memenuhi kuota yang tersedia. Seleksi tenaga pendukung rescuer ini merupakan kuota pegawai pemerintah non pegawai negeri, untuk menambah daya dukung kebutuhan petugas di lapangan.

Dikatakan, peserta seleksi tak hanya berasal dari Kalteng saja, namun juga luar daerah seperti Kalimantan Barat hingga Kalimantan Selatan. Dari 18 orang yang mendaftar dan mengikuti seleksi berkas, 10 orang yang dinilai memenuhi persyaratan. Namun dalam perjalanannya satu orang mengundurkan diri.

BACA JUGA:   Pemudik Disarankan Gunakan Angkutan Kendaraan Resmi

Hariyadi memaparkan, hari ini peserta mengikuti tahapan tes kesehatan, tes phobia ketinggian dan jasmani, hingga nantinya dilanjutkan tes ketangkasan berenang. Semua dilaksanakanĀ sesuai petunjuk dan arahan pusat.

“Nanti tenaga pendukung ini juga bisa dilibatkan dalam operasi SAR apabila terjadi musibah atau bencana di Kalteng,” ungkap Hariyadi, dikutip dari Antara, Kamis 20 Januari 2022.

Untuk itu pihaknya mengharapkan agar seluruh peserta yang tersisa dapat mengikuti semua tahapan seleksi dan memenuhi semua kuota penerimaan yang disediakan.

BACA JUGA:   Kontingen Palangka Raya Turunkan 117 Orang di Festival Budaya Isen Mulang 2022

Menurut dia. KPP Palangka Raya masih memerlukan tambahan personel agar pelaksanaan tugas dan fungsi di lapangan bisa dilakukan lebih optimal, mengingat Kalteng merupakan provinsi yang sangat besar.

“Total personel kami saat ini sekitar 25 orang, ditambah CASN kemarin 41 orang dan nantinya tenaga pendukung rescuer delapan orang. Kami harapkan bisa semakin maksimal dalam menjalankan tugas,” tegasnya.

Hariyadi mengatakan KantorĀ Pencarian dan Pertolongan Palangka Raya memiliki wilayah tugas pada semua kabupaten dan kota di Kalteng. Terdapat dua pos SAR, yakni di Kotawaringin Timur dan Kotawaringin Barat, serta satu kapal.

(Antara/BS65)