Harga Domain .id Naik Mulai April 2022

Ilustrasi. (ANTARA/handout)

Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI) mengungkapkan harga domain .id akan naik mulai 1 April 2022 di kisaran Rp300.000-an.

Penetapan harga baru domain .id itu telah disampaikan PANDI kepada seluruh mitra penjualan (registrar) dalam pertemuan daring belum lama lalu.

Deputi Pengembangan Usaha, Kerjasama, dan Pemasaran PANDI, Gunawan Tyas Jatmiko, dalam pernyataan resmi dikutip Jumat 22 Januari 2022 menjelaskan, bahwa penetapan harga baru nama domain .id seharusnya diberlakukan tahun lalu, namun terkendala pandemi COVID-19 sehingga ditunda.

BACA JUGA:   Pakar: Makanan dan Minuman Bersih Jadi Kunci Sehat Saat Mudik

“Perubahan harga seharusnya dilakukan pada tahun 2021, hingga pada akhirnya Pandemi COVID-19 melanda dunia, setelah menimbang dengan matang maka PANDI memutuskan untuk menunda sementara kenaikan harga tersebut hingga situasi kondusif,” kata Gunawan.

Baru pada tahun ini PANDI mengimplementasikan penyesuaian harga tersebut.

PANDI berharap penyesuaian harga ini bisa meningkatkan pelayanan nama domain .id sehingga bisa menjadi registri kelas dunia yang mampu bersaing secara internasional.

BACA JUGA:   Kisah Di Balik Pengajuan Jamu sebagai Warisan UNESCO

“Harapannya kami bisa terus meningkatkan pelayanan nama domain .id kepada masyarakat dan juga nama domain .id bisa bersiang di kancah internasional hingga bisa membuat bendera Indonesia berkibar di ranah digital,” tutup Gunawan.

(Antara)