Pemprov Kalteng Salurkan Bantuan Untuk Korban Kebakaran di Kotim

IST/BERITA SAMPIT - Wakil Gubernur Kalteng Edy Pratowo saat melepaskan bantuan untuk korban kebakaran yang terjadi di Desa Pundu, Kecamatan Cempaga Hulu, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim).

PALANGKA RAYA – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Tengah (Kalteng) menyalurkan bantuan untuk korban kebakaran yang terjadi di Desa Pundu, Kecamatan Cempaga Hulu, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim).

Bantuan yang diberikan oleh Pemerintah Provinsi Kalteng dari Gubernur melalui Dinas Sosial ini diharapkan dapat meringankan beban penderitaan masyarakat desa pundu.

“Kita Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah ikut turut prihatin terhadap musibah ini, berempati untuk membantu meskipun bantuan ini tidak seberapa tetapi paling tidak bisa mengurangi beban warga masyarakat yang mengalami musibah tersebut,” kata Wakil Gubernur Kalteng Edy Pratowo, saat melepas bantuan tersebut dilakukan di lobi Kantor Gubernur Kalteng, Jumat 21 Januari 2022.

Wakil Gubernur Kalteng Edy Pratowo menyampaikan, musibah kebakaran tidak ada yang menginginkan, tetapi bagian dari musibah bencana yang juga  tidak bisa dihindari karena bisa saja akibat kelalaian, kesengajaan ataupun ketidaksengajaan.

BACA JUGA:   Gubernur Kalteng dan PT Jamkrida Sabet 3 Penghargaan TOP BUMD

Dirinya berharap bantuan tersebut bermanfaat dan sampai ke masyarakat.  “Kita juga selalu mendoakan agar masyarakat yang terkena musibah selalu diberikan kekuatan, ketabahan, kesabaran dan bisa beraktivitas kembali, serta kesehatannya juga tetap terjaga dengan baik,” katanya.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Sosial Kalteng, Noor Halim mengatakan, bantuan dari Pemprov Kalteng untuk kebakaran di desa pundu terdiri dari bantuan Dinas Sosial, Gubernur Kalteng, dan Badan Penanggulangan Bencana dan Pemadam Kebakaran (BPBPK) Provinsi Kalteng.

Adapun bantuan yang diberikan berupa 80 paket sembako, 80 paket perlengkapan dapur keluarga, food ware 80 paket, makanan anak 80 paket, family kids 80 paket, terpal merah 80 lembar, kasur merah 80 buah, dan bantuan uang tunai sebesar Rp. 240 juta rupiah, atau dengan rincian Rp. 3.000.000/Kepala Keluarga.

BACA JUGA:   Rakorda Program Bangga Kencana Momentum Lahirkan Rumusan Strategis

Sebagaimana diketahui musibah kebakaran terjadi pada Senin tanggal 3 Januari 2022 sekitar pukul 14.15 WIB. Korban terdampak kebakaran sebanyak 80 Kepala Keluarga. Api baru bisa dipadamkan sekitar pukul 17.30 WIB. Pemadaman dilakukan oleh masyarakat dibantu dua unit mobil pemadam kebakaran dari PT Windu Nabatindo, dua mobil pemadam dari Kabupaten Katingan dan tiga unit mobil pemadam dari Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kotawaringin Timur.

(Hardi/beritasampit.co.id)