Program Kemandirian, Diskan Kotim Akan Buat Pakan Ikan Sendiri

ILHAM/BERITA SAMPIT - Kepala Dinas Perikanan Kotim Ahmad Sarwo Oboy.

SAMPIT – Dinas Perikanan Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) pada tahun 2022 ini, melalui program inovatifnya akan mengadakan kembali alat pembuat pakan ikan, sebagai upaya meringankan biaya produksi petani ikan ditengah mahalnya pakan ikan saat ini.

“Apa bila yang menjadi program Diskan ini berhasil, maka sangat membantu meringankan beban biaya Kelompok Pembudidayaan Ikan (Pokdakan),” ujar Kepala Diskan Kotim Ahmad Sarwo Oboy, Senin 24 Januari 2022.

BACA JUGA:   Begal Bersajam Ternyata Residivis, Ini Sederet Kasusnya

Oboy menerangkan, saat ini pada Pokdakan yang sudah terbentuk dan telah beraktivitas mengeluhkan hampir 70 persen komponen biaya ada di pakan.

“Yang menjadi kendala bagi usaha Pokdakan selama ini adalah ketersediaan pakan dan harga yg tinggi. Dengan pengadaan alat pakan tersebut setidaknya mengurangi biaya pengeluaran mereka,” paparnya.

“Rencananya Diskan akan membantu untuk pengadaan pakan yang harganya lebih murah. Jadi Pokdakan beli dengan kita dengan harga yang terjangkau dan barangnya tersedia,” katanya.

BACA JUGA:   Kelompok Tani Protes Adanya Akfitivitas PT BSP di Lahan yang Masih Belum Diganti Rugi

Untuk tahap pertama di tahun 2022 ini, Diskan telah menganggarkan sebesar Rp 75 juta menambah mesin pakan tersebut.

“Sesuai dengan perintah Bupati Diskan tahun 2022 bisa berinovasi dengan membuat pakan mandiri. Karena program prioritas kita akan memberdayakan BBI Bagendang untuk peningkatan bibit, membuat kampung budidaya ikan lokal dan kami pilih Desa Kandan,” tutupnya. (Cha/beritasampit.co.id).