Terkendala Saat Bercocok Tanam, DKPP Seruyan Diminta Tingkatkan Bantuan Sarana Pertanian

Anggota DPRD Kabupaten Seruyan Salidin di Kuala Pembuan. ANTARA/-Publikasi DPRD Seruyan.

KUALA PEMBUANG – Anggota DPRD Kabupaten Seruyan, Salidin meminta Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) setempat lebih meningkatkan bantuan sarana pertanian seperti di Kecamatan Seruyan Tengah, Seruyan Hulu, Batu Ampar, dan Suling Tambun.

Dikatakan Salidin, permintaan itu karena bantuan sarana pertanian yang ada di dapil III ini masih minim dan perlu lebih ditingkatkan.

Ia mengungkapkan, berdasarkan aspirasi masyarakat yang pihaknya terima saat kunjungan kerja atau reses, petani mengeluhkan tentang minimnya bantuan sarana pertanian yang mengakibatkan pada terkendalanya saat bercocok tanam.

BACA JUGA:   SMP Desa Jahitan Kekurangan Ruang Kelas

Padahal, lanjut dia, masyarakat di daerah tersebut sangat bersemangat untuk bercocok tanam dan juga dari segi lahan sangat mendukung. Namun, untuk memaksimalkan hal tersebut sarana penunjang juga harus ditingkatkan sehingga dapat memudahkan para petani.

“Pada umumnya banyak masyarakat yang mengeluhkan tentang minimnya bantuan dari pemerintah khususnya berkaitan dengan pertanian dan akibatnya mereka tidak bisa berladang, karena kesulitan dalam mengelola,” kata Salidin, dikutip dari Antara, Senin 24 Januari 2022

Adapun bantuan sarana pertanian yang diharapkan itu tentunya meliputi alat mesin pertanian (alsintan), bibit sampai dengan penyuluh-penyuluh pertanian yang dinilai memang masih kurang.

BACA JUGA:   Pastikan Penyaluran Bantuan Tepat Sasaran

“Saya berharap Pemkab Seruyan bisa merealisasikan bantuan seperti hand tractor, bibit dan lain-lain kepada masyarakat khususnya di dapil III,” ucapnya.

Dia menambahkan peningkatan pertanian sangat penting dilakukan, namun untuk mewujudkan hal tersebut, program pemerataan untuk para petani di Bumi Gawi Hantantiring ini agar bisa maksimal,

“Dalam program peningkatan hasil pertanian itu harus bisa dilaksanakan secara merata, sehingga prosesnya bisa berjalan dengan lancar,” kata Salidin.

(Antara/BS65)