Banjir Rendam Enam Desa di Hulu Sungai Tengah, Kalsel

Banjir di wilayah Kecamatan Haruyan Kabupaten HST (ANTARA/M Taupik Rahman)

HULU SUNGAI TENGAH – Sebanyak enam desa di Kecamatan Haruyan, Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST), Kalimantan Selatan kembali terendam banjir akibat curah hujan tinggi beberapa hari terakhir.

Plh Danramil 1002-03/Haruyan Peltu Henri Murpianto, melaporkan, hujan deras sejak Senin 24 Januari 2022 malam menyebabkan air sungai di Haruyan meluap dan menggenangi pemukiman warga sekitar.

“Air mulai naik pagi tadi sekitar pukul 06.40 Wita dan ketinggian air dari 10 cm hingga 45 cm,” kata Danramil, dikutip dari Antara, Selasa 25 Januari 2022.

BACA JUGA:   PPKM level 3 Kalsel Hanya Diberlakukan di Banjarmasin

Wilayah yang terdampak banjir antara lain, Desa Haruyan dan Haruyan Seberang dengan ketinggian air 10 Cm sampai dengan 30 cm.

Berikutnya, Desa Mangunang dan Desa Mangunang Seberang dengan ketinggian air 10 Cm sampai dengan 45 cm.

“Desa Pengambau Hilir Dalam dengan ketinggian air 10 Cm hingga 20 Cm, sedangkan Desa Pengambau Hilir Luar ketinggian air dari 20 Cm hingga 45 cm dan sebanyak 15 rumah terendam,” katanya.

BACA JUGA:   Pemkab Tanah Bumbu Percepat Tanggulangi TBC

Ia mengimbau kepada warga agar tetap siaga namun jangan panik serta mengamankan barang-barang berharga ke tempat lebih tinggi.

“Kami juga terus berkoordinasi dengan sejumlah pihak dalam penanganan banjir ini serta terus siaga memberikan bantuan kepada warga jika ada yang perlu dievakuasi atau mengungsi,” tuntasnya.

(Antara/BS65)