Dewan Minta Pemprov Kalteng dengan Pemkab Mura Kolaborasi Kelola Potensi Wisata

Wakil Ketua DPRD Kalimantan Tengah Jimmy Carter. (ANTARA/HO-Sekretariat DPRD Kalteng)

PALANGKA RAYA – Wakil Ketua DPRD Kalimantan Tengah (Kalteng) Jimmy Carter mendorong sekaligus meminta Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalteng dan Kabupaten Murung Raya (Mura) berkolaborasi dalam mengelola serta mengembangkan secara optimal potensi objek wisata di daerah yang salah satunya berupa air terjun di Desa Dirung.

“Hal itu karena air terjun di Desa Dirung semakin banyak dan sering dikunjungi sebagai objek wisata oleh masyarakat,” kata Jimmy di Palangka Raya, dikutip Antara, Selasa 25 Januari 2022.

Kalau dikembangkan secara optimal, dia pun yakin bisa menjadi salah satu objek wisata unggulan di provinsi ini, khususnya di wilayah Kabupaten Murung Raya.

BACA JUGA:   DPRD Kalteng Dorong Peningkatan PAD Rp 200 Miliar Tiap Tahun

Wakil rakyat Kalteng dari daerah pemilihan IV meliputi Kabupaten Barito Selatan, Barito Timur, Barito Utara dan Murung Raya itu mengaku, dirinya ada menerima aspirasi dari aparatur dan masyarakat Desa Dirung terkait banyak kendala dalam mengelola dan mengembangkan wisata air terjun.

Dia mengatakan keinginan dan harapan dari perangkat dan masyarakat Desa Dirung itu, Pemprov Kalteng dan Pemkab Murung Raya pada 2022 bisa menyediakan anggaran dalam mengembangkan objek wisata air terjun.

“Mereka memerlukan dukungan dari pemkab dan pemprov dalam pengembangan pariwisata air terjun di desa tersebut. Itu mereka sampaikan saat kami reses ke sana,” kata Jimmy.

BACA JUGA:   Legislator Kalteng Minta Penambahan Jumlah Dokter Spesialis Penyakit Dalam

Menurut Politisi Partai Demokrat itu, sekarang hingga masa yang akan datang, lokasi atau objek wisata akan semakin diminati masyarakat lokal, domestik maupun mancanegara. Apalagi sejak adanya pandemi COVID-19, kebutuhan masyarakat terhadap pariwisata semakin tinggi.

Dia mengatakan ada banyak objek pariwisata di provinsi berjuluk Bumi Tambun Bungai-Bumi Pancasila ini, yang sangat menarik dan mampu mendatangkan wisatawan domestik maupun mancanegara.

“Sekarang ini hanya tinggal bagaimana keseriusan pemda, baik provinsi maupun kabupaten/kota mengelola dan mengembangkannya. Itulah kenapa kami mendorong pemprov dan pemkab, bisa bersama-sama mengembangkan objek pariwisata di wilayah ini,” tutup Jimmy. (Antara/beritasampit.co.id).