Pentingnya Penghijauan Dalam Menjaga Stabilitas Lingkungan di Kondisi Pemanasan Global

IST/BERITA SAMPIT - Para siswa saat melakukan penanaman pohon

PALANGKA RAYA – Danramil 1016 – 02 Bukit Batu Letda Inf Hairullah mengatakan, betapa pentingnya melaksanakan penghijauan lingkungan, terlebih di kondisi pemanasan global saat ini dan guna menjaga stabilitas terhadap lingkungan.

“Pepohonan memiliki kemampuan menyerap emisi karbon yang merupakan penyebab pemanasan global, serta juga membantu penghijauan untuk mencegah banjir dan mengurangi dampak dari hujan, maka penting bagi kita untuk menanam pohon,” terang Letda Inf Hairulah saat hadiri kegiatan penanaman bibit buah-buahan dalam rangka melestarikan objek wisata, di Aula Wisata Taman Alam (TWA) Bukit Tangkiling. Selasa 25 Januari 2022.

Penghijauan merupakan upaya rehabilitasi lahan kritis dan lahan lainnya di luar kawasan hutan dengan maksud untuk memulihkan, mempertahankan, dan meningkatkan fungsi lahan sesuai dengan kemampuan yaitu bagi kepentingan fungsi tata air, fungsi produksi, dan fungsi perlindungan.

Selain sebagai sumber oksigen, pohon juga menjadi penyejuk di saat matahari bersinar dengan teriknya. Pohon juga memiliki manfaat dari berbagai sisi, karena memiliki banyak manfaat, menanam pohon dapat mengurangi dampak pemanasan global, kata Danramil.

Ia juga menambahkan bahwa, manfaat pepohonan juga dapat berguna sebagai pemecah sirkulasi angin supaya udara tersebar merata dalam satu kawasan dan dapat mencegah erosi yang menyebabkan tanah longsor, dengan menanam pohon.

“kita membantu melestarikan ekosistem para makhluk hidup disekitarnya, untuk mengendalikan banjir dan erosi tanah, meningkatkan kesejahteraan rakyat dan merubah perilaku petani sebagai pelestari Sumberdaya Alam (SDA),” tuturnya.

Selain itu, Danramil Bukit Batu juga meminta kepada seluruh lapisan masyarakat untuk ikut peduli dalam pelestarian tanaman pohon.

“Sebab besar manfaatnya bagi kelangsungan hidup anak cucu kita sebagai penerus nanti,” tutup Letda Inf Hairullah.

Kegiatan tersebut juga dihadiri Camat Bukit Batu, Lurah Banturung, Kapolsek, Lurah Tangkiling, Mahasiswa Fakultas Biologi UPR, Siswa SMAN 6 Palangka Raya, BKSDA Kalteng, Resort TWA Tangkiling, Perwakilan PT. IFP dan sebegab tamu undangan lainnya.

(M.Slh/beritasampit.co.id)