Bupati Lamandau Harap Bus Damri Perintis Pemicu Peluang Usaha Transportasi Umum

ANDRE/BERITA SAMPIT - Bupati Lamandau Hendra Lesmana saat meresmikan bus Damri Perintis trayek Nanga Bulik - Kudangan (PP) dan Nanga Bulik - Bukit Jaya (PP) di terminal Garantung Nanga Bulik.

NANGA BULIK – Bupati Lamandau Hendra Lesmana telah meresmikan trayek angkutan umum Damri Perintis antar kecamatan, dengan trayek Nanga Bulik – Kudangan (PP) dan Nanga Bulik – Bukit Jaya (PP) di terminal Garantung Nanga Bulik.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Lamandau, Triadi menjelaskan, uji coba pertama trayek sebenarnya sudah mulai sejak tanggal 13 Januari 2022 lalu, dan mendapat respon positif dari masyarakat. Selain trayek kecamatan, juga ada trayek Nanga Bulik – Palangka Raya PP dan Nanga Bulik – Sukamara PP.

“Masa uji coba trayek sebenarnya sudah mulai dilakukan sejak tanggal 13 kemarin, dan masyarakat meresponnya dengan positif dan antusias dengan adanya Damri perintis ini,” kata Triadi, Rabu 26 Januari 2022.

BACA JUGA:   Bujang Dara Lamandau Siap Berlaga Dipemilihan Jagau Bawi di Kota Palangka Raya

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lamandau juga akan mengaktifkan kembali terminal bus Gerantung yang sudah lama tidak difungsikan.

“Mulai bulan Februari nanti terminal Gerantung akan diaktifkan kembali. Nantinya, semua trayek yang melalui Kota Nanga Bulik diwajibkan masuk ke dalam terminal Gerantung ini untuk pengambilan retribusi daerah,” tuturnya.

Triadi berharap, dari aktivitas terminal nanti dapat menimbulkan trickle down effect bagi masyarakat, terutama UMKM, paling sedikit 30 persen sesuai Permenhub 24 tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Terminal Penumpang Angkutan Jalan.

Sementara itu, Bupati Lamandau Hendra Lesmana menyampaikan, keberhasilan pembangunan salah satunya ditentukan oleh sektor transportasi karena menjadi urat nadi kehidupan masyarakat untuk mendorong pembangunan dan meningkatkan perekonomian.

BACA JUGA:   Sukseskan Program Vaksinasi, Polsek Bulik Jemput Warga Ke Lokasi Vaksinasi

“Dengan bus Damri perintis diharapkan menjadi pemicu atau stimulan peluang usaha yang bergerak di bidang transportasi umum lainnya,” ungkapnya.

Hendra Lesmana juga berharap, adanya trayek perintis tersebut dapat meningkatkan kualitas pelayanan terhadap masyarakat serta membantu kemudahan akses jasa transportasi di Kabupaten Lamandau.

Dalam kegiatan tersebut, turut hadir Wakil Bupati Riko Porwanto, Dandim 1017/Lamandau, Kapolres Lamandau AKBP Arif Budi Purnomo, Kajari Lamandau Agus Widodo, Sekda Irwansyah, Kepala BPTD Wilayah 16 Provinsi Kalteng, GM Damri serta Kepala OPD dilingkup Pemkab Lamandau. (Andre/beritasampit.co.id).