Musrenbangdes Diharapkan Mampu Hasilkan Kesepahaman Program Kegiatan Strategis

DEDDY/BERITA SAMPIT - Bupati Barsel H. Eddy Raya Samsuri, ST saat menghadiri Musrenbangdes hari pertama di Desa Murung Paken.

BUNTOK – Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (Musrenbangdes) dan tingkat kelurahan merupakan musyawarah perencanaan pembangunan yang mampu menghasilkan kesepakatan dan kesepahaman terkait program kegiatan strategis desa maupun kelurahan bagi kepentingan dan kemajuan bersama.

Hal ini tercermin melalui kegiatan dialog antara kepentingan untuk mendiskusikan dan menyepakati program-program pembangunan baik tingkat desa dan kelurahan untuk diusulkan pelaksanaan beserta pendanaannya pada forum Musrenbang kecamatan nantinya dalam bentuk Daftar Usulan Rencana Kerja Pemerintah (DURKP).

Menurut Bupati Barito Selatan (Barsel) H. Eddy raya Samsuri, ST hal ini memerlukan kesabaran, ketelitian dan kecermatan berbagai pihak di desa maupun kelurahan untuk bersama-sama memikirkan cara memajukan wilayah desa maupun kelurahan masing-masing melalui usulan program pembangunan.

BACA JUGA:   Bupati Barsel Serahkan SK CPNS Formasi Tahun 2021

“Pada saatnya nanti dirumuskan dan ditetapkan dalam Musrenbang ini dengan secara optimal memanfaatkan momentum diskusi panel dengan para narasumber dan perangkat daerah terkait,” katanya dalam sambutan saat membuka kegiatan hari pertama Musrenbangdes di Desa Murung Paken Kecamatan Dusun Selatan (Dusel), Rabu 26 Januari 2022.

Dia berharap apa yang dihasilkan sesuai dengan harapan bersama untuk memajukan daerah Barsel yang maju dan mandiri sehingga terciptanya kehidupan masyarakat sejahtera.

“Apa yang dihasilkan dalam Musrenbangdes ini, dengan harapan kita bersama untuk memajukan kabupaten yang bertajuk Dahanai Dahanai Tuntung Tulus yang maju dan mandiri, sehingga terciptanya kehidupan masyarakat yang sejahtera,” kata Eddy Raya Samsuri.

Lebih lanjut, orang nomor satu di Barsel ini mengharapkan, penyelenggaraan Musrenbangdes dan ditingkat kelurahan pada tersebut dapat menjadi bahan pertimbangan dalam pembahasan pada forum Musrenbang tingkat kecamatan yang akan diselenggarakan oleh Pemerintah Daerah melalui Perangkat Daerah yang membidangi.

BACA JUGA:   Dishub Barsel Bangun Posko Pengamanan Arus Mudik Lebaran

Tidak kalah pentingnya juga, kata Dia, semua komponen yang berkepentingan terhadap pembangunan agar berpartisipasi aktif dalam pelaksanaan Musrenbangdes ini dengan memberikan masukan dan usulan terhadap pembangunan untuk mewujudkan masyarakat Barsel yang cukup pangan, sandang, sehat berpendidikan dengan didukung infrastruktur yang memadai.

Diketahui, Musrenbangdes ini juga dihadiri beberapa Kepala SOPD Barsel, unsur Muspika Kecamatan Dusel, Pj. Kades Murung Paken, Ketua BPD, tokoh Pemuka Agama, Adat dan Pemuda serta tamu undangan yang lainnya. (Ded/beritasampit.co.id).