SMKN 3 Kuala Kapuas Vioner Program SMK Pusat Keunggulan di Kalteng

Kepala SMKN 3 Kuala Kapuas Suriani (dua dari kanan) berfoto bersama dengan Ketua KNPI dan Sekretaris Karang Taruna, belum lama tadi di gedung sekolah setempat.

KUALA KAPUAS – Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 3 Kuala Kapuas menjadi vioner di Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) dalam menjalankan program SMK Pusat Unggulan (SMK PK) dari Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Adapun program SMK PK di SMKN 3 Kapuas itu khusus bidang keahlian/vokasi agribisnis tanaman pangan dan hortikultura.

“Dengan keunggulan di bidang teknologi pertanian rekayasa genetika dan pembibitan tanaman dengan teknik kultur jaringan serta teknik budidaya secara hidroponik . Dilengkapi dengan peralatan laboratorium teknologi kultur jaringan dan areal lahan praktek pertanian yang luas dan memadai,” kata Kepala SMKN 3 Kapuas Suriani, Rabu 26 Januari 2021.

Selanjutnya, kata Suriani, yakni program keunggulan pembelajaran berbasis projek, berbasis hilirisasi produk.

“Hal ini diterapkan dengan program sekolah wisata agro dan wisata pendidikan, kolam pemancingan, kebun buah dan tanaman pangan dan kuliner (cafe dan resto),” terangnya.

BACA JUGA:   Disnaker Sebut Jumlah Pencari Kerja di Kapuas Alami Penurunan

Kemudian, sambung Suriani, yakni tempat bermain dan kegiatan ekstrakurikuler seperti tempat bermain anak, yang nantinya akan dibuat secara sederhana tapi bisa menarik anak-anak yang akan berkunjung ke kawasan SMKN 3 Kapuas.

“Kedepan mudah-mudahan kita mampu mengelola wisata agro dan pendidikan mengarah dibuka untuk umum untuk menjadi  salah satu tujuan wisata di Kalimantan Tengah khsusunya Kabupaten Kapuas,” tutur Kepala SMKN 3 Kapuas tersebut.

Ditambahkannya, sekolah yang ia pimpin ini memiliki enam kompetensi keahlian yaitu, agribisnis tanaman pangan dan hortikultura, agribisnis tanaman perkebunan, agribisnis produksi ternak unggas, agribisnis perikanan air tawar, teknik kendaraan ringan otomotif dan teknik bisnis sepeda motor, serta teknik komputer dan jaringan.

“Program keahlian yang dimiliki SMKN 3 Kapuas ini merupakan bagian yang sinergis dengan program SMK PK. Program tersebut berfokus pada pengembangan SDM bidang pertanian (Kompetensi Keahlian Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura dan Agribisnis Ternak Unggas), serta menguatkan kelembagaan SMK melalui kemitraan strategis antara SMK dengan dunia kerja dan industri,” terang Suriani.

BACA JUGA:   Dua Kebakaran Terjadi di Kapuas Dalam Sehari

Dirinya pun berharap, melalui program ini, SMKN 3 Kapuas dapat menciptakan SDM yang memiliki kecakapan dalam berkarir, kecakapan dalam belajar dan berinovasi serta kecakapan memanfaatkan informasi media dan teknologi menyesuaikan keterampilan yang saat ini dibutuhkan di dunia industri.

Masih kata dia, yang tidak kalah penting sektor pertanian merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari bangsa Indonesia, karena sektor ini cukup strategis dalam upaya membangun bangsa. Terbukti saat pandemi Covid-19 melanda dunia, sektor ini tetap eksis menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia.

“Kami berharap melalui program SMK Pusat Keunggulan sektor pertanian akan menghasilkan petani-petani milenial di bumi pertiwi yang kita cintai ini,” pungkas Suriani.

(irfan/beritasampit.co.id)