Kejari Katingan Masuk Sekolah, Edukasi Hukum Generasi Bangsa

ANNAS/BERITA SAMPIT - Anak-anak sekolah saat mengikuti materi dari Pelaksana Tugas Kajari Katingan Tandy Mualim dan jajarannya serta Kepala Dinas Pendidikan Katingan.

KASONGAN – Anak-anak pelajar merupakan gerbong utama dari suatu generasi muda yang mempunyai posisi dan peran strategis dalam pembangunan yang akan menentukan arah dan tujuan suatu negara di masa yang akan datang. Artinya masa depan suatu bangsa dan negara akan ditentukan dari kesiapan dan kemampuan serta kualitas dari para pelajar.

Untuk mendukung peran tersebut Kejaksaan Negeri (Kejari) Katingan ikut berpartisipasi dengan melaksanakan program “Jaksa Masuk Sekolah” terutama di SMPN-1 Katingan Hilir, Kabupaten Katingan. Kali ini Kejari memberikan pemahaman tentang pengertian hukum, pelanggaran hukum yang sering terjadi di kalangan remaja, bahaya narkotika dan pergaulan bebas, serta bermedia sosial yang baik dan benar.

Kegiatan ini dihadiri Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Kejari Katingan Tandy Mualim, dan juga dihadiri Kepala Dinas Pendidikan Katingan Feriso, Kepala SMPN-1 Katingan Hilir Salappudin, serta semua perwakilan pelajar kelas I, II dan II yang mengikuti program jaksa masuk sekolah tersebut, pada Rabu 26 Januari 2022 kemaren.

Kepala Dinas Pendidikan Katingan, Feriso mengucapkan terimakasih kepada Kejaksaan Negeri Katingan yang telah melaksanakan program Kejaksaan Masuk Sekolah terutama bagi para pelajar di Kabupaten Katingan. “Ini sangat bermanfaat bagi siswa yang berusia masih remaja. Sebagai contoh, ketika ingin bermedia sosial mereka bisa berpikir dulu sebelum mengetik dan menayangkan ke dunia maya. Apakah itu bermanfaat atau tidak,” ujarnya.

Plt Kajari Katingan, Tandy Mualim mengatakan, program Jaksa Masuk Sekolah adalah kegiatan rutin setiap tahun dan dilaksanakan pada tahun 2022 ini di semua sekolah-sekolah yang ada di Kabupaten Katingan.

“Kebetulan yang pertama kita pilih adalah anak pelajar di SMPN 1 Katingan Hilir. Materi yang kita sampaikan masalah hukum terutama berhubungan dengan penggunaan ilmu teknologi yang baik dan benar saat bermedia sosial kepada anak-anak kita saat ini,” jelasnya.

Kat Dia, program yang dilaksanakan ini pada intinya untuk mengantisipasi agar anak-anak kita jangan sampai berbuat yang tidak diinginkan. Karena masa anak-anak ini masih dalam tahap labil karena selalu ingin mengetahui hal-hal yang baru.

Di tempat yang sama, Kepala SMPN 1 Katingan Hilir, Salappudin menyampaikan ucapan terimakasih kepada Kejaksaan Negeri Katingan yang sudah memilih sekolahnya sebagai tempat program Kejaksaan Masuk Sekolah.

“Harapan kami anak-anak ini bisa mencontoh, bisa meniru apa yang disampai melalui materi yang disampaikan bapak dan ibu dari kejaksaan ini. Harapan kedepan juga, agar ada anak-anak didik kita ini bisa menjadi Jaksa di Kabupaten Katingan ini,” singkatnya. (Annas/beritasampit.co.id).