PAW Kades Kalanis Resmi Dilantik, Ini Harapan Bupati Barsel

DEDDY/BERITA SAMPIT - Bupati Barsel H. Eddy Raya Samsuri, ST menyematkan tanda jabatan dan pangkat kepada PAW Kades Kalanis.

BUNTOK – Bupati Barito Selatan (Barsel) H. Eddy Raya Samsuri, ST secara resmi melantik H. Mahlian sebagai Pengganti Antar Waktu (PAW) Kepala Desa (Kades) Kalanis Kecamatan Dusun Hilir periode 2019-2025.

Eddy Raya Samsuri mengatakan, Kades yang telah mengucapkan sumpah/janji pada hakikatnya tidak saja disaksikan oleh manusia atau pejabat yang berwenang tetapi juga disaksikan oleh Allah SWT Tuhan Yang Maha Esa.

Oleh karena itu, Kades harus benar-benar menyadari akan perbuatannya dengan sungguh-sungguh dan melaksanakan tugasnya dengan sebaik-baiknya sebagai aparatur desa.

“Mengingat beratnya tugas dan tanggung jawab sebagai Kades ke depannya meliputi penyelenggaraan pemerintahan desa, pembinaan kemasyarakatan desa dan pemberdayaan masyarakat desa,” katanya.

Dengan telah dilantiknya PAW Kades Kalanis ini, Eddy meminta agar segera menyesuaikan diri, saling bekerjasama, saling dukung, meningkatkan koordinasi dan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) pribadi dan kelembagaan.

“Dengan mempelajari berbagai ketentuan terkait pelaksanaan tugas dan tanggung jawab pemerintahan desa sehingga terjalin pola kerjasama yang harmonis, komunikasi yang baik antar lembaga di desa terutama dalam hal melaksanakan hak dan kewenangannya,” tuturnya.

Terkait penggunaan Dana Desa (DD) diharapkan kepada seluruh Kades yang ada di Kabupaten Barsel bisa mempunyai inovasi yang baik tentang penggunaan DD tersebut yang tepat sasaran.

“Untuk menggunakan DD tersebut, agar sesuai dan tepat sasaran baiknya juga para Kades bisa juga berkoordinasi dengan Pemerintah Daerah, Kejaksaan Negeri (Kejari), Pengadilan Negeri (PN) dan pihak Kepolisian,” jelasnya.

“Hal tersebut agar penggunaan DD termasuk Alokasi Dana Desa (ADD) bisa tepat waktu dan benar-benar tepat sasaran, sehingga manfaatnya akan dapat dirasakan oleh masyarakat desanya, tentunya juga tidak akan bermasalah dengan hukum,” pungkas Eddy Raya.

Pelantikan PAW Kades Kalanis tersebut, juga dihadiri Ketua Pengadilan Negeri Buntok, anggota DPRD Barsel, seluruh Kepala SOPD Barsel, Unsur Muspika Kecamatan Dusun Hilir, Tokoh Agama, Adat dan tokoh pemuda serta masyarakat Desa Kalanis. (Ded/beritasampit.co.id)