Disnakertrans Kalteng Akan Menggelar Pelatihan Kerja di Buntok

IST/BERITA SAMPIT - Plt. Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Kalteng Farid Wajdi (kiri) saat bersama Herman Bija, Kepala BBPLK Bekasi (kanan)

PALANGKA RAYA – Pelaksana tugas Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) Farid Wajdi mengatakan, bahwa Balai Latihan Kerja (BLK) Provinsi Kalteng yang ada di Buntok akan melaksanakan pelatihan kerja.

Dikatakan, dengan menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN), pelatihan yang dilaksanakan oleh pemerintah pusat itu diantaranya perbaikan dan perawatan AC, menjahit, servis sepeda motor, pelatihan komputer, pengolahan hasil pertanian dan membuat kue, dan tata rias.

“Untuk saat ini di BLK Provinsi Kalteng yang ada di Buntok masih dalam proses persiapan. Sehingga teman-teman dari BLK yang ada di Buntok, yang akan merencanakan persertanya dari mana saja, dan kondisinya,” kata Farid Wajdi, saat ditemui di ruang kerjanya, Jumat 28 Januari 2022.

BACA JUGA:   53 Putra-Putri Kalteng Terpilih Sebagai Paskibraka Tingkat Nasional dan Provinsi

Pelatihan tersebut. Menurutnya, akan dilaksanakan sekitar Februari atau Maret 2022, dan dalam pelaksanaannya memiliki durasi yang bervariasi.

“Untuk setiap pelatihan durasinya bervariasi ada yang 18 hari sampai 26 hari. Tapi saya masih belum tahu, untuk di pelatihan mana yang memiliki durasi 18 hari, dan pelatihan mana yang memiliki durasi 26 hari,” ujarnya sambari menambahkan bahwa ada salah satu pelatihan yang mengalami revisi yaitu otomatisasi elektronika industri, yang saat ini diusulkan untuk menjadi pelatihan instalasi penerangan listrik sederhana.

BACA JUGA:   80 Regu Se-Kalteng Daftar untuk Carnaval Budaya dan Mangenta di FBIM

“Sehingga nanti ada tujuh pelatihan yang akan dilaksanakan di BLK Provinsi yang ada di Buntok. Dari tujuh tersebut enam yang bisa jalan, dan satunya masih dalam tahap diskusi,” jelasnya.

Perlu diketahui, untuk pendaftaran pelatihan dibuka dari tanggal 24 Januari 2022 sampai 28 Februari 2022. Pendaftaran dilakukan online melalui website pelatihan.kemnaker.go.id, dengan melengkapi persyaratan yang telah ditentukan yang tertera pada website tersebut.

(Hardi/beritasampit.co.id)