Prakiraan BMKG, Sabtu Besok Kaltim Berpotensi Hujan Lebat Disertai Petir dan Angin Kencang

Ilustrasi - Sejumlah anak di genangan banjir di Samarinda pada 2021 akibat hujan lebat. (ANTARA/M. Ghofar)

BALIKPAPAN – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Balikpapan memprakirakan sejumlah wilayah di Provinsi Kalimantan Timur pada Sabtu (29/1) berpotensi hujan lebat disertai petir dan angin kencang berdurasi singkat sehingga semua kalangan masyarakat diminta waspada terhadap dampak cuaca itu.

“Dampak dari peristiwa tersebut, antara lain banjir, sungai meluap, jalan licin, pohon tumbang, tanah longsor, dan lainnya,” ujar prakirawan Stasiun Meteorologi Kelas I Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan-BMKG Balikpapan Ilham Rosihan di Balikpapan, Jumat 28 Januari 2022.

Peringatan dini mengenai cuaca ini juga telah disampaikan kepada pihak terkait di 10 kabupaten/kota, terutama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), agar dilakukan antisipasi terhadap dampaknya, untuk meminimalisasi risiko bencana.

BACA JUGA:   Warga Kotim Merasa Gempa Bumi Dua Kali Dalam Sehari

Daerah yang berpotensi hujan lebat disertai petir di Kecamatan Kelay dan Segah, Kabupaten Berau pada Sabtu, pukul 20.00 Wita. Suhu pada dua kecamatan tersebut antara 23-31 derajat Celsius dengan kelembapan udara antara 60 hingga 100 persen.

Di Kabupaten Kutai Timur pada hari dan jam yang sama juga berpotensi hujan petir di delapan kecamatan, yakni Batu Ampar, Kongbeng, Muara Ancalong, Muara Wahau, Busang, Long Mesengat, Muara Bengkal, dan Telen.

BACA JUGA:   Warga Kotim Merasa Gempa Bumi Dua Kali Dalam Sehari

Di Kabupaten Kutai Kartanegara pada hari dan jam yang sama, hujan petir berpotensi terjadi di Kecamatan Kembang Janggut, suhu berkisar 22-30 derajat Cesius, kecepatan angin 10 km per jam, dan kelembapan udara antara 65-100 persen.

“Sedangkan untuk kabupaten/kota lainnya, cuaca besok (29/1) diprakirakan cerah berawan dan sebagian hujan ringan. Kota Balikpapan misalnya, hujan ringan diprakirakan terjadi pada pukul 14.00 Wita, yakni di Kecamatan Balikpapan Kota, Balikpapan Barat, dan Balikpapan Utara,” kata Ilham. (Antara/beritasampit.co.id).