Setelah Seni Rupa, Tahun Ini Taman Budaya Kalsel Programkan Seni Teater Sebagai Tema

Kepala Taman Budaya Kalsel Suharyanti.(ANTARA/Sukarli)

BANJARMASIN – Kepala Taman Budaya Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) Suharyanti mengatakan di tahun 2022 pihaknya memprogramkan  seni teater setelah ditahun sebelumnya mengangkat seni rupa sebagai tema.

Hal ini dikatakan saat Sosialisasi dan Kegiatan Taman Budaya Kalsel 2022 di Gedung Balairung Sari Taman Budaya Kalsel di Banjarmasin, Jumat 28 anuari 2022.

Menurut dia, diangkatnya seni teater ini tidak hanya sekedar pementasan, namun juga ada diskusi hingga workshop. “Bahkan untuk narasumbernya kita datangkan dari nasional,” ujarnya.

BACA JUGA:   Seluruh Pimpinan Komisi di DPRD Banjarmasin Berganti

Dengan adanya kegiatan ini, ucap Suharyanti, kesenian teater di Kalsel makin maju dan lebih dikenal lagi menjadi hiburan masyarakat.

“Bagaimana pengemasan seni teater dan bagaimana sisi seniman teater itu bisa lebih dikenal secara nasional,” paparnya.

Suharyanti mengatakan, para seniman teater yang terlibat dalam kegiatan ini semuanya, dari pelaku teater tradisional hingga yang moderen.

BACA JUGA:   Kemenkumham Dorong UMKM Terdaftar Jadi Perseroan Perorangan

Di Kalsel ini ada beberapa kesenian teater tradisional, diantaranya Mamanda, Damarwulan dan Wayang Orang.

Suharyanti pun menyampaikan, untuk kesenian lainnya, seperti seni tari, seni musik, sastra dan seni rupa, juga pihaknya berikan ruang untuk tampil pada tahun ini di Taman Budaya Kalsel.

“Karenanya hari ini kita undang semua sanggar seni hingga ada yang di daerah-daerah untuk membicarakan kegiatan tahun ini,” ujarnya.

(Antara/BS65)