Indonesia Tundukkan Timor Leste 3-0 pada Pertemuan Kedua Laga Persahabatan Internasional FIFA

Pemain Timnas Indonesia Ronaldo Kwateh (kedua kiri) berebut bola dengan pemain Timnas Timor Leste Tomas Sarmento dalam pertandingan sepak bola Leg 2 FIFA Matchday di Stadion I Wayan Dipta, Gianyar Bali, Minggu 30 Januari 2022. Indonesia menang 3-0 dalam laga itu. ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana/foc.

JAKARTA – Satu gol dan assist gelandang Ricky Kambuaya untuk gol Terens Puhiri serta gol yang dicetak Ramai Rumakiek membawa tim nasional Indonesia menundukkan Timor Leste dengan skor 3-0 pada laga persahabatan internasional FIFA di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Minggu.

Dalam pertandingan tersebut, pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong langsung menurunkan dua pemain berusia 17 tahun yaitu Marselino Ferdinan dan Ronaldo Kwateh sejak menit pertama.

Shin juga tidak menempatkan penyerang tengah murni di tim. Di lini depan, juru taktik asal Korea Selatan itu menempatkan Ronaldo, Ramai Rumakiek dan Terens Puhiri.

Dengan susunan pemain seperti itu, Indonesia menekan pertahanan Timor Leste dari awal laga.

Indonesia pun melesakkan gol pertama pada menit kelima melalui Terens Puhiri. Terens menuntaskan dengan baik operan terobosan Ricky Kambuaya.

Terus menyerang, skuad Garuda membuat gol kedua pada menit ke-41. Ramai Rumakiek melepaskan tendangan keras dari luar kotak penalti yang tak mampu diantisipasi kiper Timor Leste Junildo Manuel. Skor 2-0 pun menutup laga babak pertama.

Usai jeda, keadaan tak berubah. Meski sesekali menguasai bola, Timor Leste tak bisa keluar dari tekanan Indonesia.

Namun, baru pada menit ke-72 Indonesia mampu membuat gol ketiga. Kali ini, Ricky Kambuaya yang mencatatkan namanya di papan skor setelah menyelesaikan akselerasi individunya ke kotak terlarang Timor Leste.

Indonesia bisa saja menambah kedudukan tujuh menit kemudian andai sepakan Marselino Ferdinan tak ditepis penjaga gawang lawan.

Tak ada gol yang hadir sampai laga tuntas. Indonesia menang dengan skor 3-0.

Hasil tersebut membuat Indonesia mencatatkan dua kemenangan dari dua laga persahabatan internasional FIFA kontra Timor Leste di Bali. Sebelumnya, Kamis 27 Januari 2022, Indonesia menundukkan Timor Leste dengan skor 4-1.

(Antara)