Banjarmasin Siap jadi Tuan Rumah Aruh Sastra Tahun 2023

Ketua Dewan Kesenian Kota Banjarmasin Hajriansyah ditemani pengurus lainnya saat datang ke Gedung Dewan Kota terkait aruh sastra tahun 2023 di mana kota itu akan sebagai tuan rumah, Senin 31 Januari 2022. ANTARA/Sukarli

BANJARMASIN – Ketua Dewan Kesenian Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan (Kalsel) Hajriansyah mengungkapkan daerahnya menjadi tuan rumah aruh sastra tahun 2023.

Menurut dia, Dewan Kesenian Kota Banjarmasin sudah melakukan audiensi dengan pemerintah kota, terkait kegiatan akbar seni sastra ini, di mana ini direspon baik oleh Wali Kota Banjarmasin.

“Aruh sastra tahun ini di Kabupaten Tanah Laut, tahun 2023 kita sudah menyatakan siap jadi tuan rumah. Karenanya kita berani mengambil jadi tuan rumah ajang tahun ini karena sudah direstui Wali Kota, bisa dikatakan demikian,” kata Hajriansyah, dikutip dari Antara, Selasa 1 Februari 2022.

Untuk menguatkan dukungan akan ini, pihaknya pun sudah pula melakukan rapat pertemuan dengan Komisi IV DPRD Kota Banjarmasin.

“Kita sudah berkomunikasi dengan semuanya, supaya dalam satu tahun ini kita bisa melakukan persiapan,” ujarnya.

Hajriansyah mengatakan Kota Banjarmasin pernah menjadi tuan rumah aruh sastra pada tahun 2012.

“Dulu kita jadi tuan rumah, agak kurang siap, jadi hasilnya kurang maksimal, hingga kita ingin membayar itu pada 2023,” ucapnya.

Hajriansyah menyampaikan, aruh sastra yang bergulir setiap tahunnya secara provinsi dilaksanakan kabupaten/kota itu didanai pemerintah daerah.

“Makanya kita minta DPRD dan Pemkot komitmen mendukung kegiatan ini hingga bisa sukses, khususnya juga didukung anggaran,” paparnya.

Dia pun memperhitungkan anggaran yang dibutuhkan untuk kegiatan ini minimal Rp1 miliar.

Kegiatan itu akan menggelar banyak lomba dan pementasan sastra, demikian juga ada diskusi sastra hingga mengundang sastrawan nasional dan internasional.

“Ibaratnya, ajang silaturahmi sastrawan, tidak hanya yang nasional kita undang, bahkan teman-teman dari Singapura, Brunei Darussalam dan Malaysia kita undang juga,” ujarnya.

(Antara)