MGPA Gandeng IMI Siapkan Marshal MotoGP Indonesia 2022

Pengurus IMI Pusat dan pemangku kepentingan lainnya yang terlibat dalam gelaran MotoGP Indonesia berfoto bersama di depan kantor IMI Pusat, Senayan, Jakarta, Rabu 2 Februari 2022. (ANTARA/Muhammad Ramdan)

JAKARTA – Mandalika Grand Prix Association (MGPA) menggandeng Ikatan Motor Indonesia (IMI) untuk menyiapkan dan melatih marshal MotoGP Indonesia 2022.

Wakil Ketua Umum Olahraga Sepeda Motor IMI Sadikin Aksa mengatakan, marshal akan dibekali pengetahuan sehingga bisa melaksanakan tugas dengan baik saat ajang berlangsung di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, pada 18-20 Maret 2022.

Selain ketika event bergulir, petugas yang berjaga di sekitar lintasan balap ini akan mulai dipersiapkan sejak tes pramusim di Sirkuit Mandalika pada 11-13 Februari.

“Kami dari IMI, dalam menghadapi tes pramusim ini, diminta mempersiapkan manpower untuk membantu menyukseskan MotoGP Indonesia,” kata Sadikin dalam konferensi pers di kantor IMI, Senayan, Jakarta, Rabu 2 Februari 2022.

“Tugas pertama kami adalah membantu Sirkuit Mandalika mendapatkan Grade A sebelum balapan MotoGP Indonesia dimulai. Kami juga akan memanfaatkan tes pramusim ini untuk melatih marshal agar lebih siap saat balapan,” sambung dia.

Dia juga menjelaskan marshal Indonesia memiliki kualitas tak kalah bagus dibandingkan dengan negara lainnya. “Tetapi yang perlu ditingkatkan adalah pengertian mereka soal olahraga ini karena MotoGP kelasnya sudah bukan kejuaraan nasional, bukan balapan enteng,” kata Sadikin.

“Ini adalah kejuaraan dunia yang memang punya peraturan dan spesifikasi sendiri. Jadi, kami semua yang harus menjelaskan kepada marshal dan semoga mereka cepat belajar akan hal itu,” kata dia lagi.

Ketua Umum IMI Bambang Soesatyo menyatakan akan berusaha semaksimal mungkin menyukseskan MotoGP di Sirkuit Mandalika.

“Tentu, kita ingin mendapatkan nilai tambah untuk acara kali ini sekaligus pertaruhan,” kata Bambang Soesatyo. “Target kita adalah miliaran penduduk dunia menyaksikan keindahan Mandalika. Dari situ kita berharap orang datang ke Indonesia. Yang diharapkan dari MotoGP ini tentu agar pebalap-pebalap Indonesia bisa mengikuti (kelas utama) pada masa depan.”

Direktur Utama MGPA Priandi Satria menyebut kerja sama dengan IMI sebagai langkah tepat. “Semoga IMI bisa membantu kami dalam memberikan training kepada marshal,” kata Priandi.

(Antara)