DPRD Palangka Raya Meminta Pemkot Fokus Antisipasi Lonjakan Covid-19

Ketua Komisi C DPRD Kota Palangka Raya, Beta Syailendra. (ANTARA/Adi Wibowo)

PALANGKA RAYA – Ketua Komisi C DPRD Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Beta Syailendra meminta pemerintah kota fokus untuk mengantisipasi terjadinya lonjakan Covid-19, selain itu masyarakat juga diminta disiplin menaati serta menerapkan protokol kesehatan. Hal ini sebagai salah satu kunci dan cara mengantisipasi penyebaran virus tersebut.

“Memang daerah kita sempat masuk zona hijau, namun setelah beberapa hari kembali lagi menjadi zona kuning karena ada ditemukan warga terpapar Covid-19,” kata Beta.

“Saat ini ada sekitar 28 masyarakat yang kembali terpapar Covid-19. Belum diketahui apakah itu terpapar Omicron atau tidak, yang jelas kita tetap waspada saat beraktivitas,” ucap Ketua Komisi C DPRD Palangka Raya yang membidangi kesehatan, pendidikan dan pariwisata, dikutip dari Antara, Kamis 3 Februari 2022.

BACA JUGA:   HM Khemal Nasery Menentang Keras Rencana Pembongkaran Gedung KONI Kalteng 

Politisi Partai Amanat Nasional (PAN) Kota Palangka Raya itu juga mengungkapkan, saat ini pemerintah serta pemangku kepentingan lainnya sedang gencar-gencarnya melaksanakan vaksinasi kepada warga.

Diantaranya kepada masyarakat lanjut usia, dewasa dan anak usia 6-11 tahun. Hal tersebut bertujuan untuk mewujudkan herd immunity masyarakat.

“Saya harap masyarakat mengikuti vaksinasi yang sedang digencarkan pemerintah setempat. Kalau vaksinasi sudah mencapai 100 persen, saya yakin wabah yang berkembang saat ini sulit untuk kembali merebak ke sejumlah daerah yang ada di kota kita,” ungkap Beta.

BACA JUGA:   Subsidi Ongkos Angkut Distribusi Beras Diharapkan Bisa Tekan Kenaikan Harga

Selain itu masyarakat diminta tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan, seperti memakai masker, mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir, menjaga jarak, serta mencegah atau menjauhi kerumunan.

Sementara itu diketahui, sebanyak 35 anggota DPRD Kota Palangka Raya pada pertengahan Januari 2022  mengikuti vaksinasi dosis ketiga yang dilaksanakan di gedung rapat paripurna DPRD setempat.

Selain para wakil rakyat, kegiatan tersebut juga diikuti para personel dari Tim Satgas Penanganan Covid-19 Kota Palangka Raya beserta pegawai di DPRD sesuai aturan yang berlaku.

(Antara/BS65)