Pemkab Gunung Mas Salurkan Bantuan Seragam dan Peralatan Sekolah

Bupati Gunung Mas Jaya S Monong didampingi Kepala Dinsos setempat Jhonson Ahmad menyalurkan bantuan paket peralatan sekolah kepada seorang peserta didik di Kelurahan Tumbang Marikoi Kecamatan Damang Batu. ANTARA/handout-Diskominfosantik Gumas

KUALA KURUN – Pemerintah Kabupaten Gunung Mas (Gumas), Kalimantan Tengah (Kalteng), melalui Dinas Sosial kabupaten telah menyalurkan bantuan alat sekolah kepada puluhan pelajar di wilayah setempat sepanjang tahun 2021.

Bantuan stimulan pemenuhan kebutuhan dasar bagi anak ini berupa satu paket peralatan sekolah berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Gunung Mas tahun anggaran 2021.

Bantuan yang disalurkan berupa tas sekolah, satu set seragam sekolah lengkap, sepatu dan kaus kaki, serta alat tulis sekolah seperti buku tulis, pulpen, pensil, pensil warna, kotak pensil, penghapus, dan peraut.

“Itu merupakan program rehabilitasi sosial yakni bantuan stimulan pemenuhan kebutuhan dasar bagi anak berupa satu paket peralatan sekolah. Mereka yang menerima bantuan ini, adalah anak yang berasal dari keluarga kurang mampu dan diutamakan sudah masuk Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS),” Kepala Dinas Sosial Gunung Mas, Jhonson Ahmad, dikutip dari Antara, Kamis 3 Februari 2022

Bantuan stimulan pemenuhan kebutuhan dasar bagi anak berupa satu paket peralatan sekolah disalurkan kepada puluhan peserta didik tingkat Sekolah Dasar yang tersebar di enam desa/kelurahan di empat kecamatan.

“Rinciannya di Kelurahan Tumbang Marikoi Kecamatan Damang Batu sebanyak 15 peserta didik, dan di Kelurahan Tumbang Napoi Kecamatan Miri Manasa juga sebanyak 15 peserta didik,” kata dia.

Kemudian di Desa Tumbang Jutuh dan Desa Tumbang Bunut Kecamatan Rungan, serta Desa Luwuk Tukau dan Desa Tumbang Samui Kecamatan Manuhing Raya, masing-masing 5 peserta didik.

Lebih lanjut, dia mengatakan bahwa ini bantuan sejenis akan kembali disalurkan kepada sejumlah peserta didik pada 2022 ini. Namun untuk perinciannya masih dalam proses penyusunan.

Sebelumnya, Bupati Gunung Mas Jaya S Monong mengatakan pemkab terus berupaya memberikan bantuan stimulan melalui kegiatan pemenuhan kebutuhan dasar bagi anak yang bersumber dari APBD kabupaten.

“Semoga bantuan paket peralatan sekolah tersebut bermanfaat bagi peserta didik yang menerima dan mereka semakin bersemangat dalam menuntut ilmu,” kata orang nomor satu di kabupaten bermoto Habangkalan Penyang Karuhei Tatau ini.

(Antara/BS65)