Perlu Adanya Kolaborasi Pengembangan Destinasi Wisata di Seruyan

Ketua DPRD Seruyan Zuli Eko Prasetyo. ANTARA/handout-Publikasi DPRD Seruyan

KUALA PEMBUANG – Ketua DPRD Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah, Zuli Eko Prasetyo mengharapkan semua pihak terlibat dan berkolaborasi dalam pengelolaan destinasi wisata di daerah setempat agar destinasi wisata yang miliki terjaga dan dapat meningkatkan jumlah pengunjung.

Menurut dia, sektor pariwisata yang bertajuk budaya dan alam berkaitan erat dengan keadaan lingkungan sekitar, seperti wisata Sungai Bakau di Kecamatan Seruyan Hilir Timur, serta destinasi wisata di Danau Sembuluh, Danau Seluluk dan lainnya.

BACA JUGA:   Susun Jadwal, DPRD Gelar Banmus bersama Eksekutif

“Potensi wisata yang kita miliki ini harus dirawat dan jaga bersama, terlebih oleh masyarakat sekitar. Jangan sampai karena perbuatan kita, mengakibatkan lingkungan menerima dampak buruk,” katanya.

Apabila keberadaan tempat-tempat wisata tersebut terjaga dan terawat, tentu akan memberikan banyak berdampak positif. Selain bagi lingkungan, juga membantu meningkatkan sektor perekonomian masyarakat.

“Sektor pariwisata ini merupakan potensi daerah yang harus kita jaga, karena keberadaannya akan sangat membantu khususnya dalam perekonomian,” ungkap Zuli Eko Prasetyo, dikutip dari Antara, Kamis 3 Februari 2022.

BACA JUGA:   Susun Jadwal, DPRD Gelar Banmus bersama Eksekutif

Melalui banyaknya wisatawan luar yang datang berkunjung, akan berdampak pada roda perekonomian serta menyejahterakan masyarakat.

Politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan itu juga meminta pemkab bisa melengkapi serta menambah fasilitas pada tempat wisata. Kemudian melakukan inovasi baru sebagai daya tarik, agar wisatawan dapat berkunjung.

“Semua pihak harus bekerja sama, misalnya pemerintah melengkapi fasilitas di tempat wisata dan kemudian masyarakat merawat dan menjaganya,” katanya.

(Antara/BS65)