Masyarakat dan Perusahaan Diingatkan Agar Tidak Melakukan Pembakaran Hutan maupun Lahan

ANNAS/BERITASAMPIT - Kepala DLH Katingan, Hap Bapperdo

KASONGAN – Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Katingan, Hap Bapperdo, mengingatkan seluruh masyarakat dan perusahaan perkebunan di kabupaten ini untuk tidak melakukan kegiatan pembakaran terhadap hutan maupun lahan. Hal ini untuk mengantisipasi terjadinya Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla). Sebab, beberapa minggu terakhir ini kondisi cuaca sangat panas akibat jarang turun hujan.

” Saya harapkan agar seluruh kepada desa, dan kecamatan untuk bersama-sama melakukan antisipasi Karhutla. Sampaikan juga kepada masyarakat supaya tidak melakukan pembakaran, karena cuaca sekarang ini rawan terjadi Karhutla,” ucapnya, kepada sejumlah wartawan, baru-baru ini.

Menurut dia, meski karhutla masih terjadi di tahun sebelumnya, akan tetapi masih dapat dikendalikan dan tidak menimbulkan bencana kabut asap dan lain-lainnya. Keberhasilan ini tentunya berkat sinergitas pemerintah, Polri/TNI, masyarakat dan pihak terkait lainnya dalam menanggulangi agar Karhutla tidak terjadi.

“Kita berdoa, semoga tahun ini wilayah Kabupaten Katingan tidak terjadi bencana Karhutla. Jika terjadi, kita pasti tahu bawah dampaknya akan mengganggu akitvitas masyarakat hingga kesehatan dan lainnya. Sekali lagi saya mengimbau kepada masyarakat untuk tidak melakukan kegiatan pembakaran terhadap hutan maupun lahan,” pungkasnya.

(Annas/beritasampit.co.id)