Tingkatkan Dukungan Kesehatan Atlet, KONI Pusat Rangkul Sejumlah Pihak

Ketua Umum KONI Pusat Marciano Norman (tengah) saat menerima audiensi dari Caretaker Home Care dalam upaya mendukung kesehatan atlet dan pelaku olahraga di Kantor KONI Pusat, Senayan, Jakarta, Jumat (4/2/2022). (ANTARA/HO-KONI Pusat)

JAKARTA – KONI Pusat terus berupaya meningkatkan prestasi olahraga dengan merangkul sejumlah pihak dan kali ini giliran start up Caretaker Home dukungan kesehatan atletCare untuk mendukung kesehatan atlet dan pelaku olahraga.

“Peningkatan olahraga prestasi itu tidak dapat hanya dikerjakan oleh kelompok-kelompok tertentu, kita harus bersatu, saling mengisi kekurangan,” kata Ketua Umum KONI Pusat Letjen TNI Purn. Marciano Norman dalam keterangan resminya, Jumat 3 Februari 2022

KONI Pusat pun menerima audiensi dari Caretaker Home Care atau Caretaker.id di Kantor KONI Pusat, Senayan, Jakarta, Jumat, untuk membahas dukungan kesehatan dalam rangka meningkatkan kualitas pembinaan olahraga, khususnya bidang kesehatan di Tanah Air.

“Dukungan kesehatan adalah salah satu hal yang sangat positif untuk kesiapan kebugaran atlet, oleh karenanya, siapa pun yang mempunyai dukungan untuk itu, KONI Pusat selalu terbuka untuk kerja sama,” kata Marciano menambahan.

Caretaker.id yang berdiri pada 2018 memberikan perawatan medis maupun nonmedis langsung di lokasi yang ditentukan pasien, sehingga pasien tidak perlu mendatangi fasilitas kesehatan (faskes) baik rumah sakit maupun klinik.

Beberapa keuntungan dari perawatan di rumah atau tempat yang ditentukan pasien antara lain, lebih nyaman, minimal mobilisasi pasien yang mengurangi waktu perjalanan ke faskes, murah dan tentunya mengurangi potensi terpapar penyakit menular.

Marciano juga mengatakan Caretaker.id menawarkan kerja sama sebagai pendukung para patriot olahraga di bidang kesehatan. Selain memberikan perawatan atlet atau pelaku olahraga yang mengalami cedera sampai pulih, perusahaan ini juga melayani Swab Antigen/PCR ke lokasi yang diminta pasien, dan ada juga perawatan khusus COVID-19.

Nantinya, Caretaker.id juga akan mengembangkan pelayanan psikolog dan fisioterapis secara daring. Dengan begitu, ke depan atlet atau maupun masyarakat umum akan lebih mudah mendapatkan layanan konseling psikolog dan fisioterapis.

Pada masa pandemi COVID-19, kesehatan mental dan juga fisik tetap harus terjaga. “Saya berharap kehadiran Caretaker.id ini dapat memberikan kontribusi konkret untuk pembinaan olahraga prestasi di Indonesia,” kata Direktur Utama sekaligus Founder Caretaker.id, Fathoni Asyrof Duata.

“Kami juga tengah mengembangkan pelayanan lainnya, yakni konsultasi dengan psikolog dan fisioterapis. Ke depan para atlet dan juga masyarakat luas, dapat menerima layanan yang baik,” dia menambahkan.

Dalam kesempatan ini, Marciano juga menilai atlet Indonesia memerlukan dukungan kesehatan terbaik. “Saya rasa ini adalah hal yang sangat positif, yang terkait kegiatan olahraga yang tersebar di seluruh Indonesia, kemudian juga Pelatnas maupun Pelatda yang ada di daerah, kemudian aktivitas cabang olahraga yang ada di seluruh pelosok Tanah Air,” katanya.

“Mereka ini memberikan pelayanan kesehatan yang jemput bola, mereka datang di mana atlet itu berada, di mana atlet yang membutuhkan pertolongan kesehatan itu,” pungkasnya. (Antara/beritasampit.co.id).