Anggota DPRD Minta Pemkab Seruyan Siapkan Pupuk Bagi Petani

Anggota DPRD Seruyan Provinsi Kalimantan Tengah, Bejo Riyanto. ANTARA/handout_Publikasi DPRD Seruyan.

KUALA PEMBUANG – Anggota DPRD Kabupaten Seruyan, Bejo Riyanto, meminta pemkab melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) setempat agar menyediakan pupuk padi untuk petani.

Bejo Riyanto berharap pengadaan pupuk ini bisa dilaksanakan sehingga para petani bisa dengan mudah mendapatkannya. Sebab dengan terpenuhinya pupuk dapat meningkatkan hasil produksi para petani terlebih saat memasuki masa tanam kebutuhan pupuk tentu sangat meningkat.

Menurutnya, hal ini harus dipikirkan sehingga para petani bisa mendapatkan pupuk dengan harga yang tidak terlalu membebankan masyarakat.

“Pupuk ini kan merupakan salah satu bahan pendukung kesuksesan para petani dalam bercocok tanam. Dalam hal pengadaan pupuk di daerah masih dalam kategori belum mencukupi dengan tingkat konsumsi di masa sekarang,” ungkap Bejo Riyanto.

Menurut dia, dalam pengadaan pupuk di Seruyan saat ini belum ada distributor besar yang bergerak khususnya di bidang pertanian ini serta dalam program dinas juga belum ada tentang pengadaan pupuk tersebut.

“Maka dari itu, diharapkan agar instansi terkait bisa memprogramkan pengadaan pupuk ini tujuannya tidak lain untuk masyarakat khususnya para petani kita juga,” pintanya.

Politisi Partai Amanat Nasional itu menambahkan, bahwa pupuk yang beredar di masyarakat saat ini hanya sebatas dari distributor-distributor kecil.

Dikatakan, sebenarnya hal ini juga masalah yang harus segera dicarikan solusinya. Ketika musim pemupukan maka dengan tingginya permintaan masyarakat untuk saat ini pasti tidak terpenuhi sehingga bisa membuat kurangnya nutrisi pada tanaman yang berdampak pada hasil panen.

“Kalau nutrisi untuk tanaman itu tidak bisa terpenuhi dengan baik maka hal tersebut akan sangat berdampak pada hasil panennya yang kemungkinan tidak maksimal atau bahkan hal terburuknya mengalami gagal panen,” kata Bejo Riyanto.

(Antara/BS65)