Dewan Minta Pemkab Seruyan Lakukan Penataan dan Pengembangan Kawasan Permukiman di Perdesaan

Wakil Ketua I DPRD Seruyan Bambang Yantoko. ANTARA/Publikasi DPRD Seruyan

KUALA PEMBUANG – Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Seruyan Bambang Yantoko meminta pemerintah daerah melalui instansi terkait agar melakukan penataan dan pengembangan terhadap kawasan permukiman di perdesaan daerah setempat.

menurut dia, kawasan permukiman perdesaan sangat diperlukan dalam memenuhi kebutuhan rumah sebagai salah satu kebutuhan dasar manusia,

“Pengembangan kawasan permukiman itu juga dalam rangka peningkatan dan pemerataan kesejahteraan rakyat sampai ke perdesaan,” kata Bambang dikutip dari Antara, Senin 7 Februari 2022..

Selain itu, lanjut dia, untuk mewujudkan perumahan dan permukiman yang layak dalam lingkungan yang sehat, aman, serasi, dan teratur. Kemudian memberi arah pada pertumbuhan wilayah dan persebaran penduduk yang rasional dan menunjang pembangunan di bidang ekonomi, sosial, budaya, dan bidang lainnya.

Bambang mengatakan, khususnya untuk wilayah pedesaan yang memang masih perlu penataan mulai dari infrastruktur pendukung dan lain sebagainya.

“Saya rasa kawasan pemukiman khususnya untuk desa-desa kita itu harus ditata lagi. Dalam artian dari segi infrastruktur pendukungnya maupun apa yang ada di dalamnya,” ungkapnya.

Dia menjelaskan bahwa hal yang dimaksud itu seperti masih banyaknya rumah-rumah milik masyarakat yang tidak layak huni yang tentunya sejalan dengan pengembangan kawasan pedesaan itu sendiri. Maka dari itu, pihaknya meminta kepada pemerintah setempat agar seluruh jajaran terkait bisa bekerja sama dan membantu khususnya masyarakat yang kurang mampu dan belum memiliki rumah yang layak huni.

“Hal tersebut bisa kita bantu mereka melalui program bedah rumah dan lain sebagainya. Masih banyak pekerjaan yang harus kita lakukan, ini adalah tugas kita bersama bagaimana caranya pemerataan pembangunan di Seruyan ini bisa benar-benar terwujud,” jelasnya.

Politisi Partai Golongan Karya itu menambahkan bahwa untuk mewujudkan hal tersebut perlu adanya kerja sama semua pihak baik itu pemerintah, investor dan juga masyarakat itu sendiri, sehingga dengan begitu dapat berjalan dengan lancar.

(Antara/65)