Komisi II DPR Tetapkan Panja RUU Untuk Tujuh Provinsi

Ketua Komisi II DPR RI Ahmad Doli Kurnia Tandjung. ANTARA/Ogen/am.

JAKARTA – Komisi II DPR RI menetapkan panitia kerja (Panja) rancangan undang-undang (RUU) tentang provinsi dalam rapat kerja bersama pemerintah dan DPD RI di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Senin 7 Januari 2022.

Ketua Komisi II DPR RI Ahmad Doli Kurnia Tandjung mengatakan, Ada tujuh panja, dan sudah meminta masukan serta usulan dari setiap fraksi untuk mengisi panja tersebut.

Dijelaskan, bahwa Komisi II DPR telah menetapkan masing-masing ketua panja dari RUU itu, yakni RUU Provinsi Kalimantan Selatan dan Sulawesi Selatan diketuai Ahmad Doli Kurnia Tanjung.

BACA JUGA:   Mukhtarudin Sebut Pancasila Sangat Relevan Sebagai Way Of Life

RUU Provinsi Kalimantan Barat dan Sulawesi Tenggara diketuai Junimart Girsang, RUU Provinsi Kalimantan Timur diketuai Saan Mustopa, RUU Provinsi Sulawesi Utara diketuai Luqman Hakim, dan RUU Provinsi Sulawesi Tengah diketuai Syamsurizal.

“Selanjutnya akan melaksanakan rapat dengar pendapat (RDP) dan RDPU untuk mendapatkan masukan dan akan melaksanakan rapat panja dalam waktu dekat,” kata Doli.

Komisi II DPR RI menggelar rapat kerja dengan Komite I DPD RI, Kementerian Dalam Negeri RI, Kementerian Keuangan, Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), Kementerian Hukum dan HAM terkait dengan Pembicaraan Tingkat pertama tujuh RUU tentang provinsi.

BACA JUGA:   Komisi VII DPR RI Dukung Penerapan Industri Hijau Untuk dorong Daya Saing

Rapat kerja itu juga mendengarkan penjelasan DPR, pandangan dari pemerintah yang diwakili Menteri Dalam Negeri dan pandangan dari DPD RI serta penyerahan daftar inventaris masalah yang diwakili oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

(Antara)

(Visited 2 times, 1 visits today)