Langkah Awal Sinergi, Dua Wamen Kunker di Murung Raya

LULUS/BERITA SAMPIT - Bupati Mura Perdie M. Yoseph saat menyambut Kunker Wamen LHK RI Dr Alue Dohong dan Wamen PUPR RI Jhon Wempi Wetipo.

PURUK CAHU – Pemerintah Kabupaten Murung Raya (Mura) menyambut kunjungan kerja (Kunker) Wakil Menteri Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI (LHK) Dr Alue Dohong serta Wakil Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) RI Jhon Wempi Wetipo, SH., MH.

Seperti biasa yang dilakukan oleh Pemkab Mura, setiap tamu pejabat yang datang ke Bumi Tana Malai Tolung Lingu akan dilakukan penyambutan secara adat potong pantang dan tari-tarian khas daerah dari dayak siang.

Kedatangan kedua tamu negara ini pun langsung disambut oleh Bupati Mura Perdie M. Yoseph, Wakil Bupati Mura Rejikinoor, didampingi Ketua DPRD Mura Doni, Kapolres Mura AKBP I Gede Putu Widyana, Pabung 1013 Muara Teweh Mayor Inf Heru, serta seluruh Kepala OPD dan Camat yang dilaksanakan di Rumah Jabatan (Rujab) Bupati Jalan Jenderal Sudirman, Rabu 9 Februari 2022.

Bupati Mura Perdie M. Yoseph menyampaikan rasa sukacita menyambut kedatangan dua Wakil Menteri RI yang luar biasa yang mana kedua Wamen ini berasal dari Putra Dayak dan Putra Papua.

BACA JUGA:   Sekda Kalteng Sambangi Murung Raya, Pastikan Program Pasar Murah Kebijakan Gubernur Tepat Sasaran

“Saya mengucapkan selamat datang di Kabupaten Mura, mudah-mudahan nanti kalau Tuhan mengizinkan kami juga akan datang kembali ke Papua. Karena kemarin kami pernah ke Biak Numfor Jayapura, hanya saja belum sempat berkunjung ke Wamena ditempat Wamen PUPR RI,” kata Perdie.

Dalam kesempatan itu, Wamen LHK RI Alue Dohong juga mengucapkan puji syukur bisa berkunjung ke Kabupaten Mura, meskipun sempat beberapa kali tertunda namun akhirnya bisa melakukan Kunker ke kabupaten paling ujung di Kalimantan Tengah (Kalteng) ini.

“Saya sendiri baru pertama kali hadir di kota ini, biarpun saya orang Kalteng. Tetapi saya juga baru pertama kali menginjakkan kaki di Mura. Walaupun dengan sedikit jalan yang berliku-liku dari Muara Teweh menuju Mura tetapi akhirnya kita sampai juga di Kota Emas,” ungkap Wamen LHK.

Dia mengungkapkan, seyogyanya Wamen Agraria dan Tata Ruang Surya Tjandra juga berencana ikut berkunjung ke Mura. Tetapi karena sempat beberapa kali tertunda terpaksa Wamen Agraria dan Tata Ruang tidak bisa ikut berangkat karena ada tugas lain.

BACA JUGA:   Doni Siap Bertarung di Pilkada Murung Raya 

Masih ditempat yang sama, Wamen PUPR RI Jhon Wempi Wetipo juga menuturkan, semenjak dirinya dilantik bersama Wamen LHK keliling Indonesia semua didatangi, kecuali hanya Kabupaten Mura yang belum pernah dikunjungi.

“Saya kira ini kesempatan yang sangat luar biasa, tadi juga saya sempat bercerita dengan Kepala Balai Pelaksanaan Jalan Nasional Provinsi Kalteng terkait status jalan dari Kabupaten Barut- Mura ini. Kemudian kepala Balai pun menyampaikan bahwa sudah dianggarkan di tahun 2022 ini dan dilakukan perbaikan” jelasnya.

Jhon juga mengajak Pemkab Mura bersama pemerintah pusat untuk bersinergi dalam rangka menjalankan program pembangunan guna kemajuan daerah.

“Mari kita bersinergi, kalau saya dari dari Timur Papua dan Wamen LHK dari Kalimantan. Kita adalah Indonesia mari kita membangun sesuai dengan visi- misi pak Presiden dan Wakil Presiden RI,” pungkasnya. (Lulus/beritasampit.co.id).