Koperasi Wajib Lakukan Validasi Data Anggota Sebelum Menggelar RAT

ILHAM/BERITA SAMPIT - Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kotim Rusmiati

SAMPIT – Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kotawaringin Timur Rusmiati, mengingatkan sebelum melakukan Rapat Akhir Tahun (RAT), seluruh koperasi yang ada di Kotim wajib melakukan validasi data anggotanya.

Meski terbilang sederhana, namun data anggota yang valid sangat penting memutuskan hasil dalam sebuah korum pada RAT koperasi.

“Saya ingin, apa bila mereka mengundang kita untuk menghadiri RAT setidaknya data anggotanya sudah valid,” kata Rusmiati, Rabu 16 Februari 2022.

Menurutnya, validasi data anggota sangat penting, dan dari hasil yang dipelajari serta diamanti Rusmiati, kebanyakan permasalahan – permasalahan yang muncul adalah dari data anggota.

“Bagi koperasi yang melaksanakan RAT, dan mereka sudah melakukan validasi data anggota, menjadi satu keuntungan bagi mereka untuk menentukan korumnya rapat,” ujarnya.

“Makanya apa bila kami hadir dalam rapat mereka tidak validasi data atau belum korum, kami tidak akan hadir,”  tegasnya.

Rusmiati menambahkan, bahwa masih banyak koperasi-koperasi yang tidak melakukan RAT. Padahal melaksanakan RAT merupakan salah satu aturan yang wajib dilaksanakan koperasi.

“Pelaksanaan RAT paling lambat dibulan Maret, namun banyak juga koperasi yang melaksanakan lewat dari jadwal itu. Saya selalu mengingatkan kembali melalui surat yang kita layangkan ke seluruh koperasi, agar pelaksanakan RAT sesuai jadwal paling lambat bulan Maret,” pungkasnya. (Cha/beritasampit.co.id)