Musim Kawin Buaya, BKSDA Ingatkan Warga Lebih Hati-Hati Beraktivitas di Pinggiran Sungai Mentaya 

Tangkapan layar rekaman video seekor buaya besar sedang berjemur di atas batang pohon di tengah sungai di perairan Kecamatan Pulau Hanaut, Kamis 17 Februari 2022.

SAMPIT – Komandan Pos Jaga Balai Konservasi dan Sumber Daya Alam (BKSDA) Sampit, Kalimantan Tengah Muriansyah, mengingatkan warga Kabupaten Kotawaringin Timur, khususnya yang tinggal dipinggir sungai mentaya agar lebih waspada beraktivitas di sungai. Pasalnya bulan Februari ini masih dalam masa musim kawin, sehingga buaya lebih agresif.

“Ini masih musim kawin dan bertelur buaya, jadi masyarakat lebih berhati-hati terutama yang tinggal di pinggir sungai. Sebab pada musim ini aktivitas buaya lebih aktif, khususnya buaya jantan,” kata Muriansyah, Jumat 18 Februari 2022.

Baru-baru ini penampakan buaya kembali masif, bahkan sempat diabadikan warga melalui video hanphone di sejumlah wilayah di Kotim, seperti di parit perkebunan PT. Menteng Jaya Sawit Perdana (MJSP), Desa Bagendang Hilir, Kecamatan Mentaya Hilir Utara, dan di Desa Bapinang Hilir Kecamatan Pulau Hanaut.

“Kami mengimbau warga, khususnya di wilayah Kecamatan MHS, MHU dan Pulau Hanaut, sudah lebih hati-hati dan waspada, karena buaya sudah sering menampakan diri,”ujarnya.

Berkaitan dengan sejumlah laporan dan juga ada bukti foto maupun video dari warga, Muriansyah mengajak agar masyarakat lebih waspada terutama menjaga kebersihan lingkungan, serta menghilangkan kebiasaan membuang sampah rumah tangga atau bangkai hewan ke sungai. (Cha/beritasampit.co.id)