Daftar Pelatih dan Atlet Esport Terpilih untuk Pelatnas SEA Games 2022

Daftar game yang akan dipertandingkan dalam SEA Games 2022. (PBESI)

JAKARTA – Pengurus Besar Esports Indonesia (PBESI) mengumumkan jajaran atlet dan 10 pelatih untuk 10 nomor yang akan dipertandingkan dalam SEA Games 2022 yang akan diselenggarakan di Hanoi, Vietnam.

Pelatnas akan diselenggarakan dari 1 Maret hingga 30 April 2022 dan akan menjadi ajang pemusatan konsentrasi, uji coba strategi, sekaligus kesempatan bagi para pelatih dan atlet yang lolos seleksi dan berhasil terpilih untuk berkontribusi kepada negara melalui raihan prestasi terbaik.

Sebelumnya, PBESI telah membentuk Tim Seleksi yang bertugas untuk menyiapkan proses seleksi yang berlangsung sejak Desember 2021.

“Start Desember pembentukan tim seleksi nasional dan pelatihan nasional, Januari pemilihan pelatih dan asisten pelatih, selanjutnya Februari ada pemilihan dan proses seleksi atlet ada empat jalur,” ujar Ketua Seleksi Nasional, Christian Suryadi, dalam konferensi pers virtual, Kamis 24 Februari 2022.

“Dan, yang terakhir kita sekarang dalam tahap kesiapan pemerikasaan dari atlet baik fisik dan psikologinya sebelum pada tanggal 1 Maret masuk ke dalam pelatnas.”

Dalam tugasnya, Tim Seleksi telah mengumpulkan rekam jejak dan prestasi para atlet esport nasional, serta menyelenggarakan kualifikasi terbuka dan kejuaraan nasional untuk menyaring atlet-atlet terbaik di setiap cabang game yang dipertandingkan.

Proses tersebut melibatkan empat jalur seleksi, yaitu jalur PON, jalur undangan, jalur Kejuaraan Nasional (Kejurnas), serta pilihan pelatih, dan menjaring lebih dari 120 atlet dan 10 pelatih untuk seluruh nomor pertandingan.

Para atlet dan pelatih terpilih nantinya akan mengikuti pemeriksaan fisik dan mental terlebih dulu sebelum diikutsertakan dalam karantina untuk program pelatihan intensif yang mencakup kemampuan teknis, fisik, psikologi, mental, strategi, analisis, hingga nutrisi.

Program Pelatnas akan dibagi ke dalam dua tahap. Tahap pertama akan berlangsung 1-10 Maret 2022. Fokus Pelatnas tahap pertama adalah untuk melatih dan menyeleksi seluruh anggota kontingen SEA Games 2022.

Adapun Pelatnas tahap kedua akan dilaksanakan dari 11 Maret hingga 30 April 2022 dan akan berfokus pada pelatihan para atlet yang dinyatakan terpilih untuk diberangkatkan ke SEA Games 2022 di Hanoi, Vietnam.

Sebelum diberangkatkan pada Mei 2022, para pelatih dan atlet akan mengikuti tahap finalisasi berupa latih tanding dan persiapan akhir.

Atlet yang akan diberangkatkan nantinya berjumlah 66 orang untuk seluruh kategori pertandingan, sehingga total kontingen untuk SEA Games 2022 nanti adalah 76 orang termasuk dengan pelatih.

Berikut daftar pelatih dan atlet kontingen tim esport Indonesia untuk untuk Pelatnas SEA Games 2022:

Daftar pelatih terpilih

Andrew Harwin untuk PUBG Mobile Squad, Jeffry Hariwijaya (PUBG Mobile Solo), James Chen (Mobile Legends: Bang-Bang), Andy Wong (FIFA Online 4), Priyagung Satriona (Arena of Valor), Dayllen Effendi Putra (Crossfire), Jeremy Triputro Yulianto (Wild Rift – Putra), Henry Louis (Wild Rift – Putri), Tamado Simon (League of Legends) dan Muslih Wahyudi Rachman (Free Fire).

Daftar atlet terpilih

PUBG Mobile
Bigetron RA (Prestasi): Muhammad Albi, Made Bagas & Made Bagus.
Genesis Diogma (Prestasi): Alan Reynold, Joshua Cheng, Sakaria Hontong & Inzagi Karundeng.
Tim PON DKI (PON Papua): Eskarachman Jayanto, Jason & Maulana Bagas Ramadhan.
Glimpse of 2k (Kejurnas): Muhammad Firdaus, Akbar Aditya & Firman Maulana.
EVOS Reborn (Kejurnas): Putra Renaldy Pitoy, Nizar Lugatio Pratama & Kautsar Faruqurrohman.

Mobile Legends Bang-Bang
RRQ (Prestasi): Yasesa Omega Armando, Albert Neilsen Iskandar, Rivaldi Fatah, Calvin & Deden Muhammad Nurhasan
Onic (Prestasi): Calvin Winata, Gilang, Muhammad Strya Sanubari, Nicky Fernando & Adriand Larsen Wong
Tim PON Kalbar (PON Papua): Frengki, Novianda Kusuma Prapanca, Riandy & Kevin Almeyda
Evo Garuda (Kejurnas): Rasyid Siddik, Ayka Azra, Andre Pramuda Dinata, Jason Hanes & M Ridho Noval

FIFA Online 4
Fahmi Hussein dari Dewa United jalur Prestasi, Rizky Faidan (Zeus Gaming/Prestasi), Ega Rahmaditya dari RRQ (Prestasi), Khairul Anam (Kejurnas) & Muhammad Akbar (Kejurnas).

Arena Of Valor
Dewa United (Prestasi): Agung Budi Prasetyo, Dimas Kharisma, Asep Wu & M. Fikri
Archangel (Kejurnas): Emanuel Hendo Paska, Muhammad Ferisko, Farhan Akbari Ardiansyah, Mahendra Wibawa Budi Putra & Haikal Qolbi Al Qosam

Crossfire
Yudi Kurniawan (Prestasi), Samuel Santosa (Prestasi), Jason Adrian (Prestasi) & Riddho Muharam (Prestasi)

Wild Rift – Putra
MBR (Prestasi): Tegar Dwi Wahyudi, Bashori Alwi Yusup, Adi Riansyah, Peter Tjahjadi & Charles
MBR (Kejurnas): Alvin Reyvaldo, Muhammad Aiman, Muhammad Idrus & Surya Adi

Wild Rift – Putri
Icy (Prestasi): Raisa Silvya, Hashina Fathi Ramadhini, Rizki Catur Wulandari, Olivia Benita Wijaya & Jenifer Priscilla Suantoro
Pandora (Kejurnas): Elsa Alyvia, Elvina Metalia, Herlinda Rosida, Metha Lielie Mei Ling & Raden Roro Larhas Harvidiany

League of Legends
Raphael Joseph Pesik (Prestasi) & Stafanus (Prestasi)

Free Fire
Tim PON Sulawesi Tenggara (PON Papua): Rafli Aidil Fitrah, Muhammad Fikri Alief Pratama & Sapri Danmas Budiana
Dewa United (Kejurnas): Ilham Mustakin, Raihan Maghfur, Mochammad Hasrul EJP & Fahrul Saeful Hidayat
StaySip (Kejurnas): Muhamad Daffa, Riyan Alfarriji, Arjuno Ginarto & Mario Mamahit

(Antara/beritasampit.co.id).