Peran Damang Penting Membantu Pemerintah Dalam Penyelesaian Masalah Adat

ILHAM/BERITA SAMPIT - Pengucapan sumpah dan janji pelantikan Damang Kepala Adat Kecamatan Parenggean dan Mentaya Hilir Utara, Dilakukan langsung Bupati Kotim Halikinnor. Kamis 24 Februari 2022.

SAMPIT – Keberadaan Damang di setiap Kecamatan memiliki peran penting membantu pemerintah dalam mengembangkan adat istiadat kearifan lokal, maupun penerapan hukum adat daerah.

Pernyataan ini diungkapkan Bupati Kotawaringin Timur (Kotim) Halikinnor, saat melantik Damang Kepala Adat Kecamatan Parenggean Puja Guntara dan Damang Kepala Adat Kecamatan Mentaya Hilir Utara Rusli, di aula Rumah Jabatan Bupati, Kamis 24 Februari 2022.

“Tugas Damang sangat berperan bagi pemerintah dalam membantu penegakan adat. Makanya bila ada permasalahan seperti hukum adat istiadat damang lah yang berperan disana, damang yang akan menyelesaikan masalah mufakat dan segala macam,” kata Halikinnor.

Damang merupakan Lembaga yang dibentuk pemerintah, dan tugasnya juga membantu pemerintah, sehingga dengan adanya damang di Kecamatan dapat mendorong pengembangan adat Dayak Kalimantan Tengah, khususnya di Kotim.

Halikinnor juga menekankan, dalam menjalankan tugas damang harus selalu berkoordinasi dengan Camat, lembaga – lembaga yang lain, tokoh masyarakat maupun tokoh agama.

“Harapan kita ada damang definitif bisa membawa daerah semakin tentram dan damai sehingga kita lebih konsentrasi membangun Kabupaten ini,” imbuhnya.

“Misalkan ada sengketa lahan maupun adat bisa diselesaikan secara sinergitas, sehingga kearifan lokal bisa kita laksanakan dengan baik,” lanjut Halikin

Dengan telah di Definitifkan Damang di dua kecamatan tersebut, Halikinnor menginginkan tugas kedamangan bisa berjalan lebih baik lagi. (Cha/beritasampit.co.id)