Rakernas ADEKSI 2022, Bahas Efektifitas Kinerja Pemerintah sebagai Dampak Pilkada Serentak

IST/BERITA SAMPIT - Ketua DPRD Kota Palangka Raya Sigit K. Yunianto bersama anggota DPRD Kota Palangka Raya pada kegiatan Adeksi, beberapa waktu lalu.

PALANGKA RAYA – Belum lama Ini Asosiasi Dewan Kota Seluruh Indonesia (ADEKSI) mengelar kegiatan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) ke satu (1) tahun 2022 yang dilaksanakan di Yogyakarta.

Rakornas tersebut pun dirangkaikan dengan seminar Nasional dengan tema “DPRD Bermitra dengan Kepala Daerah Sementara : Menakar Efektifitas Kinerja Pemerintah tahun 2022-2024, sebagai Dampak Pilkada Serentak,”.

Diketahui, beberapa daerah salah satunya Kota Palangka Raya akan dipimpin oleh kepala daerah sementara, mengingat masa jabatan Walikota dan Wakil wali kota Palangka Raya akan berakhir tahun 2023.

Dalam hal tersebut, Ketua Asosiasi Dewan Kota Seluruh Indonesia (Adeksi) Sigit K. Yunianto menyampaikan bahwa, Rakernas tersebut dilakukan sebagai upaya memperkuat koordinasi dalam hal menghadapi jika kepala daerah dimasing-masing Kota dijabat oleh kepala daerah sementara pada pemilukada 2024 mendatang.

BACA JUGA:   Subsidi Ongkos Angkut Distribusi Beras Diharapkan Bisa Tekan Kenaikan Harga

“Kekompakan dan kerjasama antara legislatif dan eksekutif tentunya harus tetap terjalin dan tetap terjaga secara erat, meskipun nantinya pihak eksekutif nanti dipimpin oleh pejabat sementara,” terang Sigit K. Yunianto, Jumat 25 Februari 2022.

Politisi dari Fraksi PDI Perjuangan  ini juga mengungkapkan bahwa,  Rakornas tersebut diadakan sebagai dasar langkah awal DPRD Kota seluruh Indonesia agar nantinya bisa menjalin kerja sama yang apik, khususnya dengan pejabat kepala daerah sementara. Dengan harapan efektivitas kinerja Pemerintahan tetap bisa berjalan dengan normal seperti biasa.

“Besar harapan saya pada tahun 2022 hingga tahun 2024 nanti kinerja dari Pemerintah Kota maupun Pemerintahan Kabupaten bisa lebih efektif dan juga tentunya bisa lebih optimal lagi,” tutup Sigit K. Yunianto yang juga menjabat sebagai Ketua DPRD Kota Palangka Raya.

BACA JUGA:   Subsidi Ongkos Angkut Distribusi Beras Diharapkan Bisa Tekan Kenaikan Harga

Untuk diketahui bahwa, Asosiasi DPRD Kota Seluruh Indonesia (ADEKSI) adalah wadah kerjasama antar DPRD kota seluruh Indonesia yang didirkan pada 26 Juni 2002 sebagai program desentralisasi otonomi daerah.

Saat ini Adeksi memiliki keanggotaan kurang lebih 90 DPRD Kota seluruh Indonesia. Secara fungsi dibentuknya Adeksi ini memiliki tugas dalam memfasilitasi penyelenggaraan disetiap kegiatan pengembangan kapasitas anggotanya.

Kemudian Adeksi juga kerap melakukan advokasi dan penyediaan layanan informasi dan publikasi dan bekerjasama dengan berbagai pihak dalam negeri maupun luar negeri.

(M.Slh/beritasampit.co.id)